Kemenkumham Kalteng apresiasi Festival Tandak Intan Kaharingan

id Kanwil kemenkumham kalteng, tandak intan kaharingan, palangka raya, kalteng

Kemenkumham Kalteng apresiasi Festival Tandak Intan Kaharingan

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah menghadiri pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat ke-X tahun 2021 secara virtual di Palangka Raya, Jumat, (19/11/2021). (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah menghadiri pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat ke-X tahun 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya, diwakili Kepala Bidang HAM Budi Haryono secara virtual di Palangka Raya, Jumat.

"Kami mengapresiasi penyelenggaraan Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat yang ke-X tahun 2021," katanya.

Pihaknya berharap kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Festival itu dibuka Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalimantan Tengah Andy Arsyad secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng.

Dia mengatakan festival tersebut merupakan salah satu wujud nyata pengamalan ajaran-ajaran agama Hindu Kaharingan.

"Kegiatan ini salah satu upaya mendalami ajaran-ajaran suci umat Hindu Kaharingan, melalui berbagai perlombaan seperti pelaksanaan MTO dan Pesparawi," kata Andy saat membacakan sambutan tertulis gubernur.

Dengan terselenggaranya Festival tersebut, umat Hindu Kaharingan akan mampu meningkatkan rasa keimanannya, "Penyang Hinje Simpei Panturung Humba Tamburak", sehingga dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Kalteng.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tandak Intan Tingkat Pusat Parada, Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan dan Wakil Ketua Majelis Besar Hindu Kaharingan.

Kemudian juga Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu Kemenag RI serta para Dewan Juri Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat Ke-X Provinsi Kalimantan Tengah dan para peserta Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat Ke-X.