Kadinkes: Vaksinasi kepada lansia di Kobar sudah mencapai 64 Persen

id Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmad Rois, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinkes Kobar, Kabupa

Kadinkes: Vaksinasi kepada lansia di Kobar sudah mencapai 64 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat Ahmad Rois. ANTARA/HO-Prokom Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmad Rois menyatakan bahwa vaksinasi terhadap para lansia yang difokuskan sepekan kemarin di semua fasilitas kesehatan di wilayah setempat, akhirnya membuahkan hasil dan sesuai harapan.

"Pencapaian vaksinasi COVID-19 ke para lansia sudah melebihi dari keinginan kita, yakni di atas 65 persen. Kami akan terus menggenjotnya," kata Ahmadi di Pangkalan Bun, kemarin.

Menurut dia, vaksinasi terhadap lansia memang lebih diutamakan karena kelompok yang dinilai paling rentan. Bahkan saat terkena COVID-19, angka kematian relatif juga tinggi. Hal itulah yang membuat Pemkab Kobar, melalui Satgas dan Dinkes setempat mengoptimalkan seluruh fasilitas kesehatan sebagai lokasi vaksinasi kepada para lansia.

Amir mengatakan sampai saat ini jumlah Lansia yang awalnya ditargetkan 60 persen justru sudah melebihi dan sekarang capaian vaksinasin sudah 64,34 persen. Hal ini juga bakal terus ditingkatkan, agar sisanya terus dilakukan penyisiran oleh tim dai Dinas Kesehatan kedepanya.

Baca juga: Kobar targetkan vaksinasi minimal 90 persen di akhir tahun 2021

"Secara keseluruhan vaksinasi di Kobar sudah mencapai 78,3 persen atau 159.229 warga Kobar sudah tervaksin dosis satu. Jumlah ini terus bertambah dengan seiring vaksinasi yang dijalankan sejumlah tempat," singkat Amir.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah menyatakan bahwa pihaknya menargetkan vaksinasi COVID-19 di kabupaten setempat hingga akhir tahun 2021, minimal mencapai 90 persen.

Dia mengatakan untuk mencapai target tersebut, Pemkab Kobar menggencarkan vaksinasi serta melibatkan berbagai pihak, mulai dari Polri, TNI, perusahaan besar swasta, partai politik, serta lainnya.

"Kami sangat optimis target tersebut dapat dicapai. Apalagi masyarakat di kabupaten ini sudah semakin tinggi antusiasnya untuk divaksin COVID-19," kata Ahmadi.

Baca juga: Program prioritas 'Nurani' di Kobar dituntaskan tahun 2022.

Baca juga: Dishub berencana memperindah dermaga dan pelabuhan di Kobar