Bupati Katingan apresiasi destinasi wisata baru inovasi DLH

id Bupati Katingan apresiasi destinasi wisata baru inovasi DLH, kalteng, Katingan, kasongan, sakariyas

Bupati Katingan apresiasi destinasi wisata baru inovasi DLH

Bupati Katingan Sakariyas sedang menjelaskan fasilitas yang ada di kawasan Ruang Terbuka Hijau Dana Reboisasi yang menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat setempat, Kamis (6/1/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Katingan

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Kalimantan Tengah Sakariyas menyambut gembira sekaligus memberi apresiasi atas dibukanya destinasi wisata baru di kota Kasongan yang merupakan inovasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH)

"Saya melihat inovasi yang dibangun oleh DLH Kabupaten Katingan ini sangat luar biasa bagusnya karena untuk membantu masyarakat dalam mencari tempat wisata," kata Sakariyas di Kasongan, Kamis.

Hal tersebut dia sampaikan saat diwawancarai oleh salah satu stasion televisi swasta nasional terkait dengan telah dibukanya Ruang Terbuka Hijau Dana Reboisasi yang sudah menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kabupaten Katingan dan masyarakat umum secara luas.

Sakariyas mengungkapkan, hadirnya taman wisata kota hijau di kabupaten yang dia pimpin sangat sesuai dengan visi misi dirinya ketika mengikuti Pilkada yakni Konservasi Katingan Untuk Katingan Hijau.

Dia dengan bangga mengatakan bahwa pepohonan yang ada di kawasan destinasi itu merupakan tanaman yang tumbuh secara alami, bukan dibudidayakan, sehingga harus dijaga kelestariannya. Destinasi yang baru itu juga merupakan hutan kota yang dijadikan Ruang Terbuka Hijau Dana Reboisasi.

"Saya meminta tempat wisata ini harus dipelihara dengan menempatkan tenaga yang membersihkan. Sampah-sampah yang ada jangan sampai berserakan makanya harus selalu dibersihkan," tegas orang nomor satu di Katingan itu.

Baca juga: Pemkab Katingan akan merelokasi Puskesmas Tumbang Samba

Dia menambahkan, pada kawasan wisata itu akan dilengkapi dengan bangunan gazebo, termasuk disiapkan toilet dan fasilitas tempat duduk serta tempat membuang sampah. Nantinya juga akan dibangun fasilitas seperti pos retribusi karcis masuk lokasi dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

"Dengan adanya tempat wisata tersebut dapat berkontribusi untuk menambah pendapatan asli daerah Kabupaten Katingan," demikian Sakariyas.

Destinasi wisata baru Ruang Terbuka Hijau Dana Reboisasi berada di sebelah kiri pintu gerbang kantor Bupati Katingan di jalan Tjilik Riwut km 2,5 Kasongan Lama, Katingan Hilir. Destinasi ini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Katingan.

Hadir dalam wawancara itu Kepala Bappelitbang Katingan Jonianto, Kepala DLH Katingan Hap Baperdo dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Katingan Pimanto, Staf Ahli Setda Katingan, H.Supardi, Staf Ahli Ganti Yapman dan Sekretaris DLH Katingan Yaben.

Baca juga: Sakariyas dipercaya jadi Ketua Perwakilan Sinode GKE Katingan

Baca juga: Harga rotan naik, pendapatan masyarakat Katingan diharapkan meningkat

Baca juga: Bupati Sakariyas minta kades terpilih bersungguh-sungguh laksanakan tugas