Kawasan food estate di Pulpis menjanjikan dikembangkan pariwisata

id Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Tony Harisinta, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Pulpis, Pulang Pisau, Sekda Pulpis

Kawasan food estate di Pulpis menjanjikan dikembangkan pariwisata

Sekda Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta. ANTARA/ Adi Waskito.

Pulang Pisau (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Tony Harisinta menyatakan bahwa pihaknya dalam menyusun dan melaksanakan konsep pariwisata, juga akan melirik di kawasan food estate.

Salah satu sektor yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai dukungan di kawasan food estate adalah pengembangan sektor pariwisata, Tony di Pulang Pisau, Senin

"Di kabupaten ini, termasuk di kawasan food estate itu memiliki berbagai destinasi wisata, baik wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, dan destinasi lainnya," tambahnya.

Dikatakan, sebagai pusat ketahanan pangan nasional tentunya , menjadi tantangan bagi semua pihak untuk dapat sinergi dan terintegrasi dalam menciptakan inovasi serta kreativitas. Dengan harapan terbangunnya, multi efek pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di kabupaten setempat, dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, terutama di kawasan food estate.

Tony mengatakan diperlukan penajaman dan keseriusan bersama untuk menarik perhatian sebanyak mungkin pengunjung wisata, baik domestik maupun mancanegara. Tentunya dengan tersedianya spot-spot wisata yang menarik dengan berbagai varian.

"Termasuk dalam mengenalkan produk-produk unggulan desa sebagai nuansa wisata di kabupaten setempat," kata dia.

Menurut Tony, keunggulan Kabupaten Pulang Pisau sebagai pintu gerbang perekonomian di Kalimantan Tengah dalam keterkaitannya dengan kawasan food estate tentu menjadi penambahan nilai strategis dalam pengembangan dukungan sektor pertanian saat ini seperti sektor peternakan, holtikultura, dan perikanan.  

Disinilah, terang Tony Harisinta, semua pihak di Kabupaten Pulang Pisau mengambil peran baik pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat untuk menjadikan sektor-sektor tersebut dapat terkoneksi dengan pengembangan sektor pariwisata seperti adanya pusat kuliner tepi sawah, adanya desa wisata, dan pusat research pertanian.

"Terlebih, adanya beberapa wilayah penyangga seperti Kecamatan Kahayan Kuala yang mempunyai pelabuhan dengan rute Pacitan, Jawa Timur," kata dia.

Baca juga: RSUD Pulpis dan Smile Train beri layanan gratis operasi bibir sumbing

Sekda Pulpis itu menyebut, adanya kawasan ekosistem mangrove  serta adanya 29 kilometer garis pantai yang ada di kecamatan tersebut  sudah tentu akan menjadi keunggulan tersendiri dalam pengembangan Kawasan-kawasan strategis baik industri, minapolitan, dan agropolitan,” ungkap Toni Harisinta.

Masih menurut Tony, untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras kita semua terutama dinas terkait dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau untuk membangun koordinasi antar SOPD baik PUPR dalam perannya untuk kemudahan aksesibilitas jalan menuju tempat wisata tersebut.

"Dinas PMDes sebagai dinas yang membina pembangunan di desa, Disperindakop dan bersama OPD terkait lainnya harus ikut serta memikirkan pengembangan tersebut," demikian Tony.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau dorong ASN konsumsi beras lokal