Legislator Gumas dukung penetapan calon produk unggulan daerah

id Legislator Gumas dukung penetapan calon produk unggulan daerah, kalteng, gunas, gunung mas

Legislator Gumas dukung penetapan calon produk unggulan daerah

Legislator Kabupaten Gumas Punding S Merang. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Punding S Merang menyambut baik langkah pemerintah kabupaten setempat yang telah menetapkan tujuh calon produk unggulan daerah.

“Saya mendukung penuh calon produk unggulan Gumas yang diusulkan pemkab yakni kelapa sawit, furnitur kayu, ekowisata, jagung hibrida, daging babi potong, karet, dan ayam petelur,” ucapnya di Kuala Kurun, Minggu.

Politisi Partai Golkar ini menyebut, berbagai produk tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga bisa menjadi produk unggulan daerah dari kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Menudut pria kelahiran Kelurahan Tumbang Rahuyan Kecamatan Rungan Hulu ini, bagi sebagian besar masyarakat Gumas, berbagai produk tersebut sudah tidak asing lagi di dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja furnitur kayu, daging babi potong dan karet. Sedangkan sebagian lagi walau masih hal yang baru bagi masyarakat namun dinilai sangat menjanjikan, seperti jagung hibrida, ayam petelur, kelapa sawit, dan ekowisata.

Jika pemerintah daerah bersungguh-sungguh dan masyarakat mendukung penuh, dia yakin calon produk unggulan tersebut bisa menjadi produk andalan dari Gumas dan diterima di pasar dalam maupun luar daerah.

Baca juga: Komisi I DPRD Gumas dukung mutasi jabatan perangkat desa

Menurut dia, perangkat daerah terkait juga harus membina masyarakat, supaya produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan produk dari daerah lain. Selain itu, promosi dan pemasaran juga harus digencarkan.

“Jika didukung penuh saya yakin tujuh produk tadi bisa menjadi produk unggulan Gumas,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Gumas Yansiterson mengatakan bahwa pemerintah kabupaten setempat telah melaksanakan rapat  dengan agenda pembahasan produk unggulan daerah. Berdasarkan hasil rapat, ada tujuh calon produk unggulan Gumas yakni kelapa sawit, furnitur kayu, ekowisata, jagung hibrida, daging babi potong, karet, dan ayam petelur.

Dia menyebut bahwa jika calon produk unggulan daerah ditetapkan sebagai produk unggulan daerah dengan keputusan bupati, maka pemerintah kabupaten akan fokus mengembangkan berbagai produk tersebut.

“Secara konsep, itu produk unggulan daerah yang akan kita perjuangkan agar pada waktunya nanti benar-benar menjadi produk unggulan daerah dengan berbagai intervensi, kebijakan, penganggaran, program, dan lainnya,” demikian Yansiterson.

Baca juga: Pemkab bantu warga Gunung Mas yang menjadi korban kebakaran

Baca juga: Polres Gumas musnahkan sabu senilai ratusan juta

Baca juga: Pemkab jaring aspirasi sempurnakan rancangan awal RKPD Gumas 2023