DPRD Gumas apresiasi Hamputan Stefanus Singarasa Tunda

id Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Binartha ,Hamputan Stefanus Singarasa Tunda ,berita kalteng,DPRD Gumas,DPRD Gumas apresiasi Hamputan Stefanus Singarasa

DPRD Gumas apresiasi Hamputan Stefanus Singarasa Tunda

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gumas Binartha bersiap melakukan potong pantan saat menghadiri peresmian Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda, di Desa Batu Nyiwuh Kecamatan Tewah, Sabtu (5/3/2022). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Binartha mengapresiasi Hamputan (keturunan) Stefanus Singarasa Tunda yang telah berhasil membangun huma (rumah) adat di Desa Batu Nyiwuh Kecamatan Tewah.

 “Saya mengapresiasi Hamputan Stefanus Singarasa Tunda yang telah bersama-sama berusaha membangun huma adat, yang telah diresmikan oleh Pak Bupati Jaya S Monong pada Sabtu (5/3) lalu,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Dikatakan olehnya, upaya pembangunan huma adat yang diberi nama Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda tersebut tentunya bukan hal yang mudah, di mana diperlukan kebersamaan dan kesabaran.

Oleh sebab itu, pria kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing ini berharap kebersamaan Hamputan Singarasa Tunda dalam membangun huma adat dapat menjadi contoh bagi hamputan keluarga lain.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini berharap Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda dapat selalu terjaga dan terpelihara dengan baik.

Baca juga: Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas tolak penundaan Pemilu 2024

Sebab, sambung dia, selain menyimpan nilai sejarah yang tinggi, Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Batu Nyiwuh.

 "Kami dari DPRD Gumas menyampaikan ucapan selamat pada keluarga yang sudah melaksanakan peresmian dan syukuran Huma Adat Hamputan Singarasa Tunda," tutur politisi Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong meresmikan Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda di Desa Batu Nyiwuh, Sabtu (5/3). Rumah adat ini menambah kekayaan budaya dan bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Gumas.

Dikatakan olehnya, di rumah adat tersebut wisatawan dapat mengetahui sejarah dan silsilah dari Stefanus Singarasa Tunda. Stefanus Singarasa Tunda merupakan salah satu tokoh yang ikut membangun Kalteng.

Selain itu, tutur suami dari Mimie Mariatie ini, wisatawan juga dapat menginap di Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda. Di sana masyarakat dapat menikmati pemandangan alam yang indah.

Dia pun menyambut baik keberadaan Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda, karena ini akan mendukung salah satu program kepala daerah yakni smart tourism atau pariwisata yang unggul.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda ini,” kata orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini.

Baca juga: Pemkab Gumas pilih kaji tiru kepemudaan dan olahraga ke Kotim

Baca juga: Bupati Gumas apresiasi sanggar seni hasilkan produk cendera mata

Baca juga: Huma Adat Hamputan Stefanus Singarasa Tunda jadi objek wisata baru Gumas