Empat desa di Gumas terima bantuan dari Perpusnas

id Gunung Mas, Kalimantan Tengah , Jaya S Monong,Perpusnas,berita kalteng,gumas,Empat desa di Gumas terima bantuan dari Perpusnas

Empat desa di Gumas terima bantuan dari Perpusnas

Warga memanfaatkan fasilitas perpustakaan desa di Kantor Desa Tewang Pajangan, Kecamatan Kurun, Senin (21/3/2022). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Edwin Yustian mengatakan empat desa di wilayah setempat mendapat bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Bantuan dari Perpusnas tadi merupakan bantuan stimulan untuk pengembangan perpustakaan desa. Bantuan telah disalurkan langsung ke empat desa yang menerima pada 2021 lalu,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Gumas ini menjelaskan, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari program nasional dari Perpusnas yakni transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Dia menyebut bahwa empat desa yang menerima bantuan adalah Pematang Limau di Kecamatan Sepang, serta Hurung Bunut, Tewang Pajangan, dan Petak Bahandang di Kecamatan Kurun.  

Hanya saja, tutur pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gumas ini, karena satu dan lain hal maka bantuan untuk Pematang Limau dialihkan ke Desa Bereng Jun di Kecamatan Manuhing.

Baca juga: Kades/lurah di Gumas diminta tanggap jika warga terkena musibah kebakaran

Bantuan dari yang disalurkan terdiri dari beberapa jenis yakni tiga unit komputer, dua buah rak besi, satu unit central processing unit (CPU), satu unit printer, satu unit modem, satu unit televisi, serta 350 judul buku yang jika ditotal sebanyak 700 eksemplar.

Lebih lanjut, bantuan dari Perpusnas tadi diharap dapat memacu masyarakat desa untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat untuk mencari ilmu sekaligus mempraktikkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Maksud dari program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial adalah masyarakat bisa bertransformasi, ilmu yang diperoleh dari buku langsung diterapkan. Tentunya disesuaikan dengan potensi yang ada di desa,” paparnya.

Terpisah, Kepala Desa Tewang Pajangan Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perpusnas dan Pemerintah Kabupaten Gumas, sehingga desa tersebut menerima bantuan stimulan untuk pengembangan perpustakaan desa.

Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Tewang Pajangan, khususnya para peserta didik. Saat ini peserta didik dari Tewang Pajangan banyak yang memanfaatkan fasilitas yang perpustakaan desa untuk belajar.

“Perpustakaan desa Tewang Pajangan berada di kantor desa. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan berbagai fasilitas perpustakaan dipersilahkan datang setiap jam kerja, mulai Senin sampai Jumat,” demikian Mulyadi.

Baca juga: Berikut upaya Pemkab Gumas agar kades mampu jalankan tupoksi

Baca juga: Ketua DPRD Gumas berharap Pilkades Serentak kembali berjalan lancar

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan bantuan pada korban kebakaran di Penda Pilang