Kades/lurah di Gumas diminta tanggap jika warga terkena musibah kebakaran

id Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Lily Rusnikasi ,musibah kebakaran,berita kalteng,dprd gumas,Kades/lurah di Gumas diminta tanggap jika warga terkena mus

Kades/lurah di Gumas diminta tanggap jika warga terkena musibah kebakaran

(Dari kiri) Anggota DPRD Gumas Nomi Aprilia, Lily Rusnikasi, Iceu Purnamasari, Kades Penda Pilang Jhonedie, dan lainnya berfoto bersama saat pelaksanaan reses di Desa Tumbang Tambirah Kecamatan Kurun, akhir Februari 2022 lalu. (ANTARA/HO-Pemerintah Desa Penda Pilang)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Lily Rusnikasi meminta kepada kepala desa/lurah agar tanggap, jika ada warga yang terkena musibah kebakaran rumah.

“Kades/lurah harus segera melapor kepada pemerintah kabupaten dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jika ada warga yang terkena musibah kebakaran rumah,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa laporan dari kades/lurah nantinya akan menjadi dasar bagi Pemkab Gumas, untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran rumah.

Dengan demikian, tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini, pemkab dapat menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran rumah.

Lebih lanjut, saat ini sejumlah kades di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ dinilai sudah tanggap melaporkan kepada BPBD jika ada warga mereka yang terkena musibah kebakaran rumah.

Baca juga: Berikut upaya Pemkab Gumas agar kades mampu jalankan tupoksi

“Salah satunya adalah Kades Penda Pilang, yang segera menyampaikan kepada BPBD Gumas saat warga desa tersebut ada yang terkena musibah kebakaran rumah. Saya harap kades/lurah lain juga seperti itu jika ada warga yang terkena musibah kebakaran rumah,” paparnya.

Untuk diketahui, Pemkab Gumas menyalurkan bantuan kepada dua kepala keluarga yang terkena musibah kebakaran rumah di Desa Penda Pilang Kecamatan Kurun. Bantuan disalurkan langsung oleh Bupati Jaya S Monong di desa setempat, Selasa (22/2).

Kades Penda Pilang Jhonedie menjelaskan, ada dua KK di desa setempat yang terkena musibah kebakaran rumah pada tahun 2021 lalu. Sebagai kades, dirinya langsung menyampaikan musibah kebakaran rumah tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gumas.

Setelah melalui serangkaian proses, sambung dia, akhirnya Pemkab Gumas melalui BPBD kabupaten menyalurkan bantuan dana kepada warga Penda Pilang yang terkena musibah kebakaran rumah.

“Bantuan tersebut sangat berarti bagi mereka yang menerima, untuk meringankan beban hidup dan membantu mereka setelah terkena musibah kebakaran rumah. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Gumas dan Pak bupati,” demikian Jhonedie.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas berharap Pilkades Serentak kembali berjalan lancar

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan bantuan pada korban kebakaran di Penda Pilang

Baca juga: Pemkab bakal bina sanggar seni se-Gunung Mas