Gubernur dorong ASN wujudkan Kalteng 'BerAKHLAK penuh Berkah'

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, asn berakhlak, kalteng berkah, nilai dasar, asn, abdi negara, kalteng, esq leader center, ary gina

Gubernur dorong ASN wujudkan Kalteng 'BerAKHLAK penuh Berkah'

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kanan) bersama pendiri ESQ Leader Center Ary Ginanjar Agustian saat peluncuran nilai dasar ASN BerAKHLAK di Palangka Raya, Kamis, (31/3/2022). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mendorong ASN menjadikan peluncuran nilai dasar BerAKHLAK sebagai momentum mewujudkan 'Kalteng BerAKHLAK penuh Berkah'.

Ia menjelaskan, BerAKHLAK akronim yang berorientasi pada pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, serta kolaboratif, sedangkan Berkah akronim dari bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis.

"Seorang ASN BerAKHLAK akan menghindari perilaku menyimpang terlebih praktik korupsi yang dapat merugikan masyarakat dan negara," tegasnya di Palangka Raya, Jumat.

Sugianto mengatakan, secara terminologi akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong suatu keinginan secara sadar melakukan suatu perbuatan yang baik. Sehingga akhlak yang baik tercermin pada perangai, tingkah laku, maupun tabiat yang baik.

Oleh karenanya ASN sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat di era kemajuan teknologi berkembang pesat, agar tetap menjaga identitas dan jati dirinya agar tidak tergerus perubahan.

"Sebagai ASN di sektor apapun, landasan akhlak menjadi penuntun utama melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Namun demikian di era reformasi birokrasi, perubahan harus dilakukan masif, konsekuen dan konsisten untuk tercapainya perbaikan dalam segala bidang, mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial, serta budaya.

Reformasi birokrasi merupakan perubahan pola pikir dan budaya kerja dari aparatur negara, yang merupakan upaya pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Perubahan menuju birokrasi dinamis tidak bisa diraih dengan cara-cara lama, perlu perubahan fundamental pada pola pikir dan sikap mental ASN menjadi lebih lincah dan inovatif.

Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin menambahkan, peluncuran nilai dasar ASN BerAKHLAK menjadi kesempatan bersama untuk bekerja profesional dan substantif.

"Profesionalisme sebuah level yang dapat dituju hanya dengan mendapat kesempatan berharga dalam upaya peningkatan kapasitas secara terstruktur dan terukur," terangnya.

Hal yang sangat istimewa pada peluncuran nilai dasar (core value) ASN BerAKHLAK ini, pemprov menghadirkan narasumber khusus yakni pakar pembangunan larakter sekaligus pendiri ESQ Leader Center Ary Ginanjar Agustian.

Dalam papaparnnya Ary mengatakan tantangan ASN saat ini harus mampu  beradaptasi dengan perubahan, mampu bertahan dalam segala kondisi, bekerja sama dengan siapa pun, memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat, serta tetap berprestasi dalam kondisi apa pun.