LKBN ANTARA dan Radar Sampit tingkatkan sinergi diseminasi informasi

id LKBN ANTARA dan Radar Sampit tingkatkan sinergi diseminasi informasi, kalteng, LKBN antara, antara, kotim, kotawaringin Timur, radar Sampit, Ulul Mask

LKBN ANTARA dan Radar Sampit tingkatkan sinergi diseminasi informasi

Kepala Biro LKBN ANTARA Kalimantan Tengah Ulul Maskuriah dan Direktur Radar Sampit Siti Fauziah saat silaturahim di kantor Radar Sampit, Jumat (27/5/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA terus meningkatkan sinergi dengan surat kabar harian Radar Sampit dalam bidang diseminasi informasi, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Kami senang karena sinergitas dan kerja sama ini berjalan dengan baik. Mudah-mudahan ini bisa terus kita tingkatkan dalam rangka memberikan informasi-informasi yang mencerahkan bagi masyarakat," kata Kepala Biro LKBN ANTARA Kalimantan Tengah Ulul Maskuriah di Sampit, Jumat. 

Hal itu disampaikan Ulul saat bersilaturahim  ke kantor Radar Sampit. Rombongan diterima Direktur Radar Sampit Siti Fauziah didampingi sejumlah petinggi media besar tersebut. 

Ini merupakan silaturahim  perdana bagi Ulul yang baru menjabat Kepala Biro LKBN ANTARA Kalimantan Tengah sejak 1 April 2022. Silaturahim  berlangsung dalam suasana kekeluargaan. 

LKBN ANTARA menjalin kerja sama dalam bidang diseminasi informasi. Ini merupakan tahun ketiga kerja sama tersebut berjalan. 

Program diseminasi informasi didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan salah satu tugas utamanya adalah penyebaran konten-konten berbasis pencerahan, pemberdayaan, dan berbasis pendidikan, sebagai salah satu alternatif di tengah membanjirnya berbagai macam informasi di masyarakat.

Dalam kerja sama ini, terdapat halaman khusus yang diberi nama Derap Nusantara. Halaman berisi informasi mencerahkan yang dipasok pewarta ANTARA pusat dan berbagai daerah di Indonesia itu diterbitkan secara rutin di Radar Sampit dengan periode yang disepakati. 

Baca juga: Wakil Ketua DPRD dan Wabup Kotim bawa bantuan untuk korban banjir

Radar Sampit merupakan salah satu mitra ANTARA. Selain itu, kerja sama serupa juga dilakukan dengan sejumlah media massa cetak, online dan televisi lainnya di Kalimantan Tengah untuk mendukung diseminasi informasi. 

Menurut Ulul, diseminasi informasi ini penting bagi masyarakat agar pembaca atau penonton semakin banyak mendapat informasi yang benar, valid, positif, mencerahkan dan memotivasi. 

"Ini juga bagian dari fungsi kita sebagai pers dalam menangkal hoaks serta dampak kurang baik dari derasnya penggunaan media sosial. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menyuguhkan informasi yang mendidik kepada masyarakat," ujar Ulul. 

Sementara itu Direktur Radar Sampit Siti Fauziah menyampaikan terima kasih karena diberi kepercayaan dalam kerja sama diseminasi informasi karena ini penting dan positif bagi masyarakat. 

Perempuan yang baru terpilih menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Timur itu menegaskan komitmen yang sama dalam menjalankan fungsi pers untuk mencerdaskan pembaca. 

"Kami sangat senang terlibat dalam program diseminasi informasi ini. Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut dan ditingkatkan sehingga kita dapat membantu masyarakat dalam mencerdaskan bangsa," demikian Siti Fauziah. 

Baca juga: Pemkab Kotim dan LKBN ANTARA perkuat kerja sama promosi daerah

Baca juga: Ketua DPRD Kotim: Sektor perikanan potensial meningkatkan perekonomian masyarakat

Baca juga: DPRD Kotim apresiasi jemput bola optimalisasi PBB-P2