Pasokan Pertalite ke Kalteng sudah ditambah, masyarakat mampu diimbau gunakan Pertamax

id Antre spbu palangka raya, antre pertalite, pertalite langka, pertalite kosong, spbu palangka raya, bbm kalteng, pertamax kalteng, lonjakan penggunaan

Pasokan Pertalite ke Kalteng sudah ditambah, masyarakat mampu diimbau gunakan Pertamax

Masyarakat mengantre di SPBU Jalan Seth Aji Kota Palangka Raya, Selasa, (7/6/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pertamina menyatakan pada Mei 2022 sudah menambah pasokan rata-rata harian Pertalite ke Provinsi Kalimantan Tengah hingga 65,64 persen, dari rata-rata harian pada Mei 2021 yang hanya 3.943 KL menjadi 6.531 KL untuk rata-rata harian pada Mei 2022.
 
"Tidak ada pengurangan penyaluran, produk Pertalite disalurkan setiap hari, bahkan pasokannya ditambah," kata Area Manager Communication and CSR Regional Kalimantan Susanto August Satria dihubungi dari Palangka Raya, Rabu.
 
Hanya saja dia mengakui, memang terjadi lonjakan permintaan terhadap produk Pertalite. Peningkatan permintaan tampaknya juga dipengaruhi adanya kenaikan harga Pertamax dan mengakibatkan sebagian masyarakat yang tadinya menggunakan Pertamax beralih ke Pertalite.
 
Namun yang harus diketahui dan dipahami masyarakat, pemerintah memutuskan serta menetapkan Pertalite sebagai produk Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP), sehingga dengan penetapan tersebut maka Pertalite merupakan BBM yang disubsidi pemerintah.

Baca juga: BBM Satu Harga untuk daerah terpencil terbanyak disalurkan di Kalimantan
 
Oleh karenanya Pertamina mengimbau masyarakat menggunakan bahan bakar sesuai dengan peruntukannya, utamanya seperti kalangan masyarakat mampu untuk beralih menggunakan produk bahan bakar berkualitas minimal RON 92.
 
"Produk bahan bakar berkualitas minimal RON 92 dimaksud, yakni Pertamax atau Pertamax Turbo, agar produk subsidi yakni Pertalite dapat dikonsumsi oleh masyarakat yang membutuhkan," tegasnya.
 
Menurutnya dari informasi yang diterima, ke depan akan ada rencana pengendalian Pertalite, artinya kendaraan-kendaraan mewah akan dilarang membeli Pertalite. Pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah, terkait penyaluran Pertalite pasca ditetapkan sebagai JBKP.
 
Oleh karenanya meski terjadi lonjakan permintaan terhadap produk Pertalite, pihaknya tidak bisa serta merta terus melakukan penambahan kuota pasokan, terlebih Pertalite sudah berstatus sebagai JBKP.
 
Sementara itu berdasarkan pantauan ANTARA dalam beberapa waktu terakhir khususnya di Kota Palangka Raya, kerap terjadi antrean pengisian BBM oleh masyarakat di sejumlah SPBU, khususnya jenis Pertalite. Terkadang persediaan BBM jenis Pertalite di SPBU juga sempat kosong, sembari menunggu pasokan selanjutnya.

Baca juga: Diskominfo Kalteng: Pemberian bantuan STB diperuntukan bagi RTM

Baca juga: Ekonomi Kalteng terus tumbuh positif hingga tahun 2022

Baca juga: Gubernur Kalteng: Korindo jangan kesampingkan kepentingan umum demi komersial