Tampil dengan kekuatan penuh, Kotim targetkan juara umum Popprov Kalteng

id Tampil dengan kekuatan penuh, Kotim targetkan juara umum Popprov Kalteng, Kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor, Wim RK

Tampil dengan kekuatan penuh, Kotim targetkan juara umum Popprov Kalteng

Bupati Halikinnor menyerahkan pataka kepada Kepala Dispora Wim RK Benung yang mengomandoi kontingen daerah ini berlaga di Popprov Kalteng. Kontingen diberangkatkan dari aula rumah jabatan bupati, Minggu (26/6/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kabupaten Kotawaringin Timur tampil dengan kekuatan penuh pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kalimantan Tengah 2022 dengan target menjadi juara umum event bergengsi tersebut. 

"Peluang juara umum sangat besar karena kita mengikuti semua cabang olahraga, apalagi kemampuan kita di setiap cabor rata-rata sudah bagus. Saya optimistis bisa," kata Bupati Halikinnor saat memberangkatkan kontingen Popprov di aula rumah jabatan bupati, Minggu. 

Popprov Kalimantan Tengah 2022 digelar di Palangka Raya pada 27 Juni hingga 3 Juli. Kotawaringin Timur memberangkatkan sebanyak 97 atlet terbaik yang sebelumnya dijaring melalui event di tingkat kabupaten. 

Sebanyak 13 cabang olahraga yang diperlombakan, termasuk satu ekshibisi. Kotawaringin Timur mengikuti semua cabang olahraga yang diperlombakan tersebut. 

Halikinnor berpesan agar seluruh atlet dan pendamping untuk selalu menjaga disiplin dan kekompakan. Setiap atlet diharapkan menampilkan yang terbaik namun tanpa harus terbebani dengan target juara umum. 

Melalui event ini, pelajar yang dipercaya tampil bisa membawa harum nama pribadi, keluarga, sekolah dan daerah melalui prestasi yang dicapai nantinya. Untuk itu setiap atlet diminta fokus dan menampilkan yang terbaik. 

Dia juga memberi pemahaman kepada seluruh atlet bahwa Popprov adalah multievent, yakni kegiatan resmi yang terjadwal dan berjenjang. Panitia hanya memberikan bonus, tetapi hanya piala dan piagam. Tidak ada hadiah berupa uang seperti dalam sebuah kejuaraan terbuka atau turnamen. 

Baca juga: Perputaran uang di Bazar UMKM Harati capai Rp25 miliar

"Yang bisa memberi bonus itu adalah daerahnya. Nanti kalau berhasil menjadi juara umum, saya akan siapkan bonus untuk kalian," janji Halikinnor yang disambut riuh tepuk tangan atlet. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur Wim RK Benung mengatakan, hanya dua daerah yang mengikuti seluruh cabang olahraga yaitu Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini membuktikan keseriusan Kotawaringin Timur menghadapi Popprov ini. 

Cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, bola voli pasir, karate, panjat tebing, taekwondo, tenis meja, bulu tangkis, pencak silat, tenis, sepak takraw, sepak bola, basket dan ekshibisi balap sepeda. 

Seluruh atlet merupakan yang terbaik dalam penjaringan melalui Popkab beberapa waktu lalu. Seluruh anggota kontingen yang diberangkatkan juga telah dilindungi BPJAMSOSTEK. 

"Popprov ini gambaran kecil kesiapan Kotim menghadapi Porprov 2023 nanti karena sebagian pelajar juga akan mewakili saat Porprov nanti. Kami optimis bisa meraih juara umum Popprov ini," ujar Wim. 

Wim berharap pelaksanaan seluruh pertandingan berjalan sportif. Wasit atau juri diharapkan menjalankan tugas secara adil dan profesional sehingga hasil pertandingan benar-benar berkualitas. 

Baca juga: DPRD Kotim dukung pengembangan Pesparawi

Baca juga: ISSI Kotim diharapkan mampu sumbang medali saat Porprov Kalteng

Baca juga: Pemkab Kotim berharap KSOP Sampit bantu peningkatan PAD