ISSI Kotim diharapkan mampu sumbang medali saat Porprov Kalteng

id ISSI Kotim diharapkan mampu sumbang medali saat Porprov Kalteng, Kalteng, porprov, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Johny Tangkere, issi kotim

ISSI Kotim diharapkan mampu sumbang medali saat Porprov Kalteng

Pengurus ISSI Kotawaringin Timur yang dipimpin Johny Tangkere berfoto bersama pengurus ISSI Kalteng, Ketua KONI dan Kepala Dispora Kotim usai pengukuhan dan pelantikan, Sabtu (25/6/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kepengurusan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2021-2025 resmi yang baru dikukuhkan dan dilantik, diharapkan bekerja keras agar bisa turut menyumbang medali saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah di Sampit pada 2023 nanti. 

"Ironis nanti kalau kita tuan rumah tapi ada cabang yang sama sekali tidak mendapat medali. Tidak ada yang tidak mungkin bagi kita meraih prestasi," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar di Sampit, Sabtu. 

Harapan itu disampaikan Ahyar saat menghadiri pengukuhan dan pelantikan pengurus ISSI Kotawaringin Timur periode 2021-2025. Jabatan ketua umum periode ini dipercayakan kepada Johny Tangkere yang merupakan Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur. 

Menurut Ahyar, ISSI Kotawaringin Timur termasuk cabang olahraga yang selama ini vakum. Dia berharap dengan dilantiknya pengurus baru ini menjadi tonggak baru bagi organisasi ini meningkatkan pembinaan sehingga mampu mampu berprestasi dan mengharumkan nama daerah. 

Ahyar menegaskan, Kotawaringin Timur memiliki bibit atlet sepeda berprestasi. Terbukti saat Porprov sebelumnya atlet sepeda gunung Kotawaringin Timur berhasil meraih medali emas. 

KONI bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) berupaya terus mendukung pembinaan atlet dengan melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan. Terkait kebutuhan sepeda untuk atlet, nantinya juga akan dibicarakan bersama solusinya. 

"Kami minta ISSI segera menyusun program kerja karena akhir tahun kita sudah memulai pemusatan latihan. Kita akan belajar dari daerah yang berprestasi di masing-masing cabang olahraga," ujar Ahyar. 

Baca juga: Pemkab Kotim berharap KSOP Sampit bantu peningkatan PAD

Dukungan yang sama disampaikan Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi ISSI Provinsi Kalimantan Tengah, Falery Tuwan. Dia menyampaikan apresiasi dan salut karena ISSI Kotawaringin Timur merupakan yang pertama terbentuk di Kalimantan Tengah.

Dia menekankan tentang pentingnya komunikasi dan koordinasi, khususnya dalam kerja sama pembinaan atlet junior. Menurutnya, ada aturan dan standar yang harus diikuti pembinaan olahraga agar hasilnya juga maksimal. 

"Kotim atletnya banyak. Tinggal bagaimana pengurus kompak dalam menjalankan organisasi dan program kerja. Jangan sampai hal-hal yang mudah menjadi rumit karena akan mengganggu upaya mengejar prestasi," ujar Falery Tuwan yang juga Kepala Dispora Kalimantan Tengah. 

Kepala Dispora Kotawaringin Timur Wim RK Benung menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Dia berharap kepengurusan baru ini mampu memberikan prestasi, terlebih ada sejumlah event yang akan diikuti, hingga Porprov 2023 nanti. 

"Olahraga sepeda sudah tidak asing bagi masyarakat. Besok kami juga akan berangkat ke Palangka Raya mendampingi pelajar kita yang akan mengikutinya Popprov (Pekan Olahraga Pelajar Provinsi) di cabang sepeda," ujar Wim. 

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Cabang ISSI Kotawaringin Timur, Johny Tangkere mengatakan, pihaknya akan bekerja keras dalam pembinaan atlet agar mampu meraih prestasi. Dia juga meminta dukungan semua pihak agar upaya mencapai peningkatan prestasi oleh ISSI daerah ini bisa tercapai. 

Baca juga: Wakili Kotim ke provinsi, Kelurahan Pasir Putih hilangkan pandangan negatif lokalisasi

Menurutnya, ada beberapa event yang akan dihadapi seperti pertandingan ekshibisi pada Popprov Kalimantan Tengah di Palangka Raya. Pada event ini Kotawaringin Timur mengirim empat atlet sepeda gunung terdiri dari dua putra dan dua putri. 

Event lain cabang sepeda yang akan digelar di Kalimantan Tengah adalah City Mountain Bike yaitu event international di Palangka Raya pada 28 Agustus yang diikuti 33 negara. Selain itu ada 
Tour of Heart of Borneo pada akhir 2022 dengan Palangka Raya sampai Kotawaringin Barat. 

Johny menambahkan, pihaknya juga akan berusaha maksimal mempersiapkan atlet untuk berlaga di Porprov Kalimantan Tengah pada 2023 nanti. Dia berharap keterbatasan sarana, khususnya sepeda yang standar dan representatif bisa segera dicarikan solusinya. 

"Tidak mungkin pembibitan dan pembinaan atlet tanpa kita tidak memiliki sepeda yang standar dan representatif. Kami upayakan nanti dari APBD maupun donatur," 

Disinggung soal harapan agar ISSI Kotawaringin Timur meraih medali emas pada Porprov nanti, dia menyebut hal itu merupakan harapan bersama yang akan diperjuangkan bersama-sama pula. Dia yakin daerah ini memiliki potensi besar atlet-atlet berbakat. 

"Kami tentu akan berupaya maksimal dalam pembinaan agar atlet-atlet kita mampu meraih medali dalam setiap event yang diikuti, termasuk saat Porprov Kalteng pada 2023 nanti," demikian Johny Tangkere. 

Baca juga: 3.500 tenaga kontrak diseleksi ulang, Bupati Kotim targetkan pengurangan 1.000 orang

Baca juga: Peringati BBGRM, Bupati Kotim ajak galakkan gotong royong percepat pembangunan

Baca juga: Pemkab Kotim jelaskan penyebab besarnya sisa anggaran 2021