Bupati Nadalsyah tebar 20 ribu benih ikan jelawat di Sungai Barito

id restocking ikan sungai barito,ikan jelawat,pelabuhan dermaga muara teweh,barto utara,kalteng

Bupati Nadalsyah tebar 20 ribu benih ikan jelawat di Sungai Barito

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, dan kepala perangkat daerah lainnya melakukan restocking bibit ikan ke DAS Barito, di Pelabuhan Dermaga Muara Teweh, Selasa (28/6/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah melakukan penebaran benih (restocking) sebanyak 20.000 bibit ikan jelawat dari rencana 72.000 benih ikan berbagai jenis di Sungai Barito  dan kawasan perairan umum lainnya.

"Penebaran benih ikan hari ini yang dilakukan Bupati Nadalsyah dan pejabat lainnya untuk jenis jelawat mencapai 20 ribu bibit dari target 72 ribu ikan lainnya dan sisanya akan ditampung pada beberapa lokasi lainnya agar tidak terjadi kepunahan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Sugeng usai melakukan penebaran benih ikan di Pelabuhan Dermaga Muara Teweh, Selasa.

Penebaran benih ikan sebanyak 72.000 bibit berbagai jenis ikan di Sungai Barito dan kawasan perikanan lainnya dalam rangka menyambut HUT ke-72 kabupaten setempat yang diperingati puncaknya pada 29 Juni 2022 di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh.

Menurut dia, penebaran benih ikan berbagai jenis ini selain di Sungai Barito ada beberapa daerah lainnya diantaranya di Sungai Lahei, Sungai Tewei, DAM Trahean dan DAM Trinsing serta Danau Butong. 

"Yang kita tebar kembali benih ikan diantaranya adalah Sungai Lahei, Sungai Tewei, DAM Trinsing, DAM Trahean dan Danau Butong," ucapnya.

Dia mengatakan penebaran kembali  berbagai benih jenis ikan  ini  diantaranya selain ikan jelawat, papuyu atau ikan betok  juga bibit ikan patin. 

Baca juga: Bupati Barito Utara kukuhkan pengurus PLKJBB Kalteng

"Inilah komoditi-komoditi  jenis ikan lokal yang sangat digemari oleh masyarakat kita di Barito Utara," imbuhnya.

Ia juga berharap dengan adanya penebaran benih ikan-ikan yang ada di Sungai Barito dan tempat lainnya ini nantinya tidak akan punah begitu saja.

"Kami dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan akan berusaha sekuat tenaga  untuk setiap tahunnya  melakukan restocking. Agar masyarakat yang pekerjaannya sebagai nelayan nantinya bisa meningkat penghasilannya serta sejahtera, ekonomi kuat dan sehat,” ucap Sugeng.

Baca juga: Barito Utara siap pecahkan rekor MURI membuat tumpi jawau terbanyak

Baca juga: Gaji ke-13 PNS Barito Utara cair 4 Juli