Gubernur Kalteng ajak generasi muda gencar perangi narkoba

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, narkoba, narkotika, generasi muda, mahasiswa, palangka raya, kalteng

Gubernur Kalteng ajak generasi muda gencar perangi narkoba

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama para mahasiswa KKN Kebangsaan X di Universitas Palangka Raya, Senin (18/7/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengajak generasi muda bersama-sama menjauhi dan memerangi penyalahgunaan narkoba melalui kesibukan menjalani berbagai kegiatan positif serta bermanfaat untuk masa depan mereka.
 
"Saya minta generasi muda di Kalteng menjauhi narkoba, karena hanya akan merusak masa depan," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Ia mengatakan penyalahgunaan narkoba memberikan dampak buruk terhadap kehidupan bangsa pada masa mendatang.

Dia menjelaskan generasi muda, baik mahasiswa maupun siswa, dapat menghindari pengaruh narkoba dengan menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan positif dan bermanfaat.

Ia mencontohkan kegiatan positif dan bermanfaat itu, seperti olahraga karena dapat membantu pengembangan diri dan prestasi.

Selain itu, kegiatan keorganisasian seperti pramuka karena dapat meningkatkan kemampuan diri dan pembentukan karakter.

Ia mengatakan generasi muda juga harus lebih berhati-hati, terutama dalam memilih lingkungan pergaulan, sehingga tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Pemprov Kalteng selama ini mendukung penuh instansi terkait, seperti kepolisian dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba dan organisasi perangkat daerah yang membidangi serta mengedukasi masyarakat maupun generasi muda dalam meningkatkan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Baca juga: Generasi muda di Kalteng berperan penting dalam moderasi beragama
 
Bukti keseriusan pemprov setempat dalam mengajak generasi muda memerangi penyalahgunaan narkoba ini, di antaranya perolehan penghargaan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, belum lama ini.
 
BNNP Kalteng juga terus berupaya memperkuat serta meningkatkan ketahanan keluarga dalam menekan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.
 
"Hal ini dimulai dari peningkatan ketahanan keluarga, dengan melaksanakan edukasi, komunikasi, serta sosialisasi kepada lingkungan keluarga, dilanjutkan ke lingkungan sekolah, pekerja, serta berbagai komunitas," kata Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto.
 
Dia menegaskan bahwa ketahanan keluarga yang baik akan membentuk ketahanan lingkungan, masyarakat, lembaga, hingga ketahanan Kalteng dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah setempat.

Upaya lain untuk menekan penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkotika, kata dia, melalui intervensi berbasis masyarakat yang melibatkan, antara lain para tokoh masyarakat, agama, dan adat.

Baca juga: DPRD-Pemprov Kalteng raker pengoptimalan APBD dan PAD 2023

Baca juga: KKN Kebangsaan di Kalteng mendukung pengembangan lumbung pangan nasional

Baca juga: Kasad: Kebhinnekaan jadi pondasi menjaga keutuhan NKRI