Bartim targetkan penyuplaian produk pertanian ke IKN

id Pemkab bartim, pertanian bartim, dinas pertanian bartim, trikorianto, siam busu, ikn, ibu kota negara, suplai beras bartim ke ikn, nusantara, kalimant

Bartim targetkan penyuplaian produk pertanian ke IKN

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Trikorianto. ANTARA/Habibullah

menargetkan padi Siam Busu sebagai bahan logistik pangan yang akan disuplai ke wilayah Ibu Kota Nusantara
Tamiang Layang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat menargetkan padi masa tanam April-September (Asep) 2022 bisa panen 100 persen.
 
“Dari luasan sekitar 3.000 hektare lebih, kita targetkan bisa panen 100 persen,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur Trikorianto di Tamiang Layang, Selasa.
 
Menurutnya, gabah kering dari hasil panen akan diproduksi menjadi beras kemasan lima kilogram. Varietas beras yang dihasilkan dari masa tanam Asep yakni varietas Siam Busu yang menjadi produk andalan Barito Timur.

Baca juga: Wabup Bartim: Festival Nariuk lestarikan budaya leluhur agar tidak punah
 
Varietas Siam Busu sudah memiliki sertifikat tanda daftar dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian RI yang dikeluarkan pada 2018 lalu.
 
"Pada 2019, varietas Siam Busu dilakukan uji coba mutu dan hasil perkembangan pertumbuhan padi dengan varietas Siam Busu pada sawah irigasi dan rawa lebak di wilayah Barito Timur," terangnya.
 
Uji coba itu bekerja sama dengan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng serta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) RI. Hasilnya cukup memuaskan.
 
Siam Busu merupakan padi ciri khas dari Barito Timur yang memiliki rasa dan kualitas yang sangat baik serta tidak kalah dengan varietas padi lainnya.
 
Pihaknya menargetkan padi Siam Busu sebagai bahan logistik pangan yang akan disuplai ke wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Siam Busu merupakan padi ciri khas dari Bartim dan memiliki rasa yang sangat enak.
 
Selain menargetkan penyuplaian dan pendistribusiannya sampai ke IKN Nusantara, pihaknya juga mendorong petani lokal menanam secara berkelanjutan, salah satunya dengan kegiatan tanam secara bersama dalam rangka mendukung peningkatan luas tambah tanam.

Baca juga: Pemkab Bartim bersiap gelar acara adat Bontang

Baca juga: Kodim 1012 Buntok bantu tingkatkan ketahanan pangan di Bartim

Baca juga: Bawaslu Bartim minta warga melapor jika temukan pelanggaran pemilu