OJK: Perbankan Syariah di Kalteng terus bertumbuh sangat baik

id Perbankan syariah kalteng, bank syariah kalteng, ekonomi syariah, ojk kalteng, otoritas jasa keuangan, otto fitriandy, p

OJK: Perbankan Syariah di Kalteng terus bertumbuh sangat baik

Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) -
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan perbankan syariah di provinsi setempat terus bertumbuh dan mengalami perkembangan yang sangat baik.
 
Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy di Palangka Raya, Rabu, mengatakan kinerja pada sektor perbankan syariah mengalami pertumbuhan yang tercermin dari total aset yang tercatat sebesar Rp1,77 triliun atau meningkat sebesar  2,54 persen pada posisi Juni 2022.
 
"Hal ini dipengaruhi aktivitas penghimpunan dana  pihak ketiga perbankan syariah yang tercatat sebesar Rp1,22 triliun atau meningkat sebesar 10,21 persen," terangnya.
 
Selain itu, lanjutnya, juga didorong oleh aktivitas penyaluran pembiayaan yang tercatat sebesar Rp1,56 triliun atau tumbuh 5,42 persen dengan Rasio NPF Gross sebesar 1,33 persen.

Otto menjelaskan perkembangan perbankan syariah ini sudah sesuai dengan peta jalan 2020-2025 oleh OJK. "OJK telah memiliki roadmap pengembangan perbankan syariah, yang diharapkan bisa menjadi katalisator dalam mengakselerasi pertumbuhan perbankan syariah tersebut," katanya.

Baca juga: Wagub Kalteng: Penyediaan Bosda bantu tingkatkan mutu pendidikan
 
Dia mengatakan dalam peta jalan tersebut diatur tiga arah pengembangan perbankan syariah, meliputi penguatan identitas perbankan syariah, sinergi ekosistem ekonomi syariah, serta penguatan perizinan, pengaturan dan pengawasan.
 
"Ini merupakan langkah-langkah strategis OJK dalam mendorong pengembangan perbankan syariah, termasuk di Kalimantan Tengah," terang Otto.
 
Adapun sebagai wujud nyata implementasi peta jalan tersebut untuk wilayah Kalteng, OJK dalam berbagai kesempatan secara aktif berkolaborasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan, baik Bank Indonesia, berbagai perguruan tinggi serta lainnya.
 
"Kegiatannya mulai dari sosialisasi dan edukasi tentang ekonomi syariah, serta ragam kegiatan lainnya berkaitan dengan syariah," ucapnya.
 
Di Kalimantan Tengah bank syariah sudah mulai dikenal dan menjadi pilihan masyarakat. Bank syariah di Kalimantan Tengah saat ini, di antaranya Bank Syariah Indonesia (BSI), Niaga Syariah, Mega Syariah, BPR Syariah, serta lainnya.

Baca juga: Anggota DPRD DKI desak pemprov terbitkan laporan keuangan Formula E

Baca juga: Pemprov Kalteng berharap pasar murah di Sampit turut tekan inflasi

Baca juga: Ratusan guru datangi DPRD Kalteng tuntut pengembalian TPP sertifikasi