Jalan Tongka-Batu Raya yang longsor sudah bisa dilewati mobil

id jalan tongka - batu raya,bisa dilewati,gunung timang,dinas pupr barut,barito utara,kalteng

Jalan Tongka-Batu Raya yang longsor sudah bisa dilewati mobil

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik bersama Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Dedi dan pejabat teknis lainnya saat melakukan penanganan jalan yang longsor di jalan poros Tongka – Batu Raya Kecamatan Gunung Timang, Kamis (15/9/2022). ANTARA/HO-Dinas PUPR Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Tanah longsor terjadi di ruas jalan poros Desa Tongka - Desa Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang mengalami longsor, sudah ditangani  dan bisa dilewati kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.  

"Alhamdulillah ruas jalan longsor di poros Tongka - Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang  pada tiga titik sudah teratasi dan fungsional kembali. Dan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara  M Iman Topik di Muara Teweh, Kamis malam.

Menurut dia, perbaikan titik longsor ruas jalan Tongka - Batu Raya, ada tiga titik perbaikan yaitu pertama STA, 2+600 (pemadatan timbunan longsor yang kemaren), kemudian STA. 4+100 pelebaran pada sebelah kiri bahu jalan karena pada bagian kanan ada titik longsor dan STA 4+600 pelebaran kanan bahu jalan arah Batu Raya sekaligus penimbunan badan jalan longsor pada bagian kiri jalan.

Saat melakukan penanganan jalan longsor, Kepala Dinas PUPR M Iman Topik bersama Kepala Bidang Bina Marga dan pejabat teknis langsung turun ke lokasi penanganan jalan longsor. Alat berat yang digunakan dalam penanganan ekskavator dan baby roller (alat pemadat tanah ringan).

"Kita harapkan transportasi masyarakat tidak terganggu dan kembali lancar," katanya. 

Jalan longsor di ruas jalan menghubungkan Tongka - Batu Raya itu terjadi sejak Selasa (30/8) malam, akibatnya kendaraan roda empat dari arah Kandui ibu kota Kecamatan Gunung Timang, menuju Batu Raya maupun sebaliknya tak bisa lewat lokasi tersebut. Lokasi longsor berada sekitar tiga kilometer dari arah Desa Tongka. 

Longsor yang terjadi d ruas jalan tersebut diketahui setelah Kepala Desa Tongka Edy Sumantri, pada Jumat (2/9) sekitar pukul 14.30 WIB menginformasikan melalui media sosial . 

"Tetap kebersamaan masyarakat memperbaiki jalan Tongka- Batu Raya yang longsor hampir tidak bisa dilewati motor. Kalau roda empat  nggak bisa lewat. Mudah-mudahan dari pihak Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara ada perhatian dan kemurahan hati bisa mendatangkan alat berat ekskavator supaya bisa menimbun yang longsor demi kelancaran umum," begitu cuitan Kades Tongka Edy Sumantri di media sosialnya.