UMPR-Universitas Pamulang kerja sama peningkatan wirausaha bagi mahasiswa

id UMPR-Universitas Pamulang kerja sama peningkatan wirausaha bagi mahasiswa, kalteng, Palangka raya, UMPR

UMPR-Universitas Pamulang kerja sama peningkatan wirausaha bagi mahasiswa

UMPR-Universitas Pamulang kerja sama peningkatan wirausaha bagi mahasiswa, kemarin (16/11/2022). ANTARA/HO-UMPR

Palangka Raya  (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah menggandeng Universitas Pamulang (Unpam), Provinsi Banten dalam upaya meningkatkan minat dan jiwa wirausaha 150 mahasiswa UMPR.

"Kegiatan ini dilaksanakan melalui seminar edukatif sebagai wahana untuk menambah wawasan mahasiswa tentang wirausaha," kata Wakil Rektor III, Dr Norcahyono di Palangka Raya, Kamis.

Materi yang disampaikan akademisi Unpam Afridayani MM di antaranya terkait langkah awal atau tata cara berwirausaha, apa yang harus dilakukan ketika membuka usaha dan bagaimana upaya pengembangannya supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Meningkatkan semangat berwirausaha bagi mahasiswa dinilai penting dilakukan. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini menjadi peluang besar untuk mengembangkan suatu usaha.

Jika dulu suatu usaha cenderung terganjal jangkauan pemasaran, di era sekarang, pemasaran produk usaha tidak mengenal jarak dan waktu atau keterbatasan cakupan dan jangkauan pemasaran.

Hal yang tidak kalah penting, sebelum memulai suatu usaha, harus ditentukan fokus dan jenis usaha, sasaran serta peluang pasar jenis usaha tersebut.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan kapal KB layani wilayah terpencil

Ketua Panitia Arna Purtina MPd menyatakan, kegiatan yang diselenggarakan Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA), UMPR pada Rabu (16/11/2022) ini, penyampaian materi oleh narasumber dilakukan melalui zoom meeting. Sementara peserta hadir di Aula utama UMPR.

“Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang turut mensukseskan kegiatan ini termasuk pada panitia, nara sumber dan peserta," katanya.

Wanita berhijab ini mengatakan, semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran berwirausaha sejak dini.

Selain memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi, seminar ini juga bertujuan memberikan akses serta ruang yang terbuka untuk mengasah kreativitasnya. Mahasiswa dibekali cara lebih produktif dan tidak konsumtif.

"Pelatihan ini juga upaya universitas untuk meningkatkan pandangan bagi mahasiswa untuk berwirausaha sebagai salah satu upaya meningkatkan kemandirian ekonomi di masa depan," kata Arna Purtina.

Baca juga: BPBD Palangka Raya siagakan tiga pos lapangan antisipasi banjir

Baca juga: Dekan Fisipol dorong mahasiswa tingkatkan kapasitas dengan berorganisasi

Baca juga: Kemitraan petani-perusahaan sawit mampu turunkan emisi karbon