Dandim Sampit ajak masyarakat jaga kondusivitas di tahun politik

id Dandim Sampit ajak masyarakat jaga kondusivitas di tahun politik, kalteng, Sampit, kotim, Abdul Hamid, Kotawaringin Timur, politik

Dandim Sampit ajak masyarakat jaga kondusivitas di tahun politik

Komandan Kodim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Komandan Kodim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid mengajak masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan demi menjaga kondusivitas di tahun baru 2023 yang dinilai merupakan tahun politik menjelang pemilu serentak 2024.

"Harapan saya kepada partai politik maupun siapa saja yang berkompetisi politik, pesan saya mari sama-sama kita jaga kondusivitas wilayah. Waspadai terjadinya konflik maupun perpecahan," kata Abdul Hamid di Sampit, Sabtu. 

Abdul Hamid mengatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah teritorial Kodim 1015/Spt yakni Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan, sangat kondusif. Dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah bersama-sama menjaga kondusivitas daerah. 

Menjelang pesta demokrasi pada 2024, diperkirakan suhu politik pada 2023 ini mulai meningkat. Apalagi tahapan pemilu sudah berjalan menuju puncaknya nantinya pada 2024.

Untuk itu Abdul Hamid mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan. Dengan begitu, potensi konflik bisa dideteksi secara cepat dan dicegah dengan baik. 

Baca juga: Aliran listrik PLN terangi asa masa depan hingga ke pelosok

Secara khusus dia mengingatkan seluruh jajarannya untuk berpegang teguh pada netralitas TNI. Tidak boleh ada upaya atau tindakan TNI yang tidak netral atau memihak kepada pihak tertentu. 

"Saya tekankan sesuai perintah Bapak KSAD bahwa kita TNI wajib mewujudkan netralitas TNI. Kita tidak ada tujuan untuk memihak kepada siapapun, baik secara kepartaian maupun personal. Kita netral, namun kita tetap akan bekerjasama dengan instansi terkait dalam rangka menciptakan kenyamanan dan keamanan masyarakat," jelas Abdul Hamid. 

Sementara itu terkait evaluasi selama 2022, Abdul Hamid menyebutkan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan seperti kerja bakti, TNI Manunggal Membangun Desa, penanganan stunting, Babinsa masuk dapur, bedah rumah dan lainnya. 

Kodim 1015/Spt juga melakukan pembinaan wilayah, serta membantu kepolisian menciptakan keamanan wilayah. Semua dilaksanakan dengan baik dan diharapkan capaian-capaian selama 2022 ini membawa manfaat bagi masyarakat. 

"2023 akan makin banyak lagi kegiatan kita. Kita membantu pemerintah daerah mewujudkan kesejahteraan masyarakat, selain tugas-tugas utama kami yaitu menyiapkan ruang dan alat mewujudkan kondisi juang yang tangguh dalam pertahanan," demikian Abdul Hamid. 

Baca juga: PN Sampit prihatin perkara narkotika meningkat dan mendominasi

Baca juga: PN Sampit raih enam penghargaan selama 2022

Baca juga: Pemkab Kotim bertekad tingkatkan realisasi APBD