Bupati Kotim sebut penilaian kinerja SOPD untuk memotivasi

id Bupati Kotim sebut penilaian kinerja SOPD untuk memotivasi, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor

Bupati Kotim sebut penilaian kinerja SOPD untuk memotivasi

Bupati Halikinnor memberikan penghargaan kepada Kepala Bapenda Ramadansyah atas prestasi yang dicapai, saat rapat evaluasi akhir tahun 2022 di rumah jabatan bupati, Kamis (29/12/2022) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor mengatakan, penilaian kinerja setiap satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) dilakukan secara rutin untuk perbaikan, sekaligus memotivasi agar lebih baik lagi. 

"Semoga di tahun yang baru ini kita dapat meningkatkan kinerja dan membawa perubahan yang jauh lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur yang kita cintai ini," kata Halikinnor di Sampit, Senin. 

Tahun 2022 merupakan tahun kedua perjalanan Halikinnor selaku bupati bersama-sama dengan wakil bupati
dalam memimpin daerah ini. Banyak hal telah dilalui bersama untuk mencapai visi Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu terwujudnya Kabupaten Kotawaringin Timur yang mandiri, maju dan sejahtera.

Evaluasi pun dilakukan secara rutin untuk memantau kinerja masing-masing SOPD dari waktu ke waktu. Seperti saat rapat evaluasi akhir tahun 2022 di rumah jabatan bupati, Kamis (29/12/2022) lalu, diumumkan hasil evaluasi sekaligus pemberian penghargaan. 

Disebutkan, 10 perangkat daerah dengan nilai hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tertinggi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur dan diberikan penghargaan. 

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Kotim mulai difungsikan

Sebanyak 10 SOPD tersebut berdasarkan peringkat yaitu Sekretariat Daerah, Inspektorat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Perikanan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Koperasi dan UKM, Kecamatan Kota Besi dan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

Selain itu diumumkan lima perangkat daerah dengan nilai hasil review reformasi birokrasi tertinggi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Berdasarkan peringkat, lima perangkat daerah tersebut yaitu Sekretariat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Pendapatan Daerah dan RSUD dr Murjani Sampit

Bupati Halikinnor meminta seluruh SOPD hingga tingkat kecamatan untuk meningkatkan kinerja di tahun ini. SOPD yang kinerja belum optimal diharapkan termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya agar bisa lebih baik lagi. 

"Saya juga mengingatkan bahwa sinergitas dan kerja sama yang baik dan terpadu dari semua pihak menjadi faktor yang sangat penting dalam membangun Kotawaringin Timur ini," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Dandim Sampit ajak masyarakat jaga kondusivitas di tahun politik

Baca juga: Aliran listrik PLN terangi asa masa depan hingga ke pelosok

Baca juga: PN Sampit prihatin perkara narkotika meningkat dan mendominasi