Tingkatkan kolaborasi pengamanan investasi di sektor pertambangan, kata Teras Narang

id tingkatkan pengamanan di tambang, investasi tambang, Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Teras Narang, kalimantan tengah, kalteng, investasi

Tingkatkan kolaborasi pengamanan investasi di sektor pertambangan, kata Teras Narang

Rapat kerja Komite II DPD RI dengan Kementerian ESDM di Jakarta, Senin (30/1/2023). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mendorong kolaborasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama kepolisian hingga pemerintah daerah dalam mengamankan investasi di sektor pertambangan, perlu lebih ditingkatkan.

Peningkatan kolaborasi itu sebagai upaya memastikan investasi benar-benar bergerak dalam memenuhi salah satu tujuannya, yakni menggerakkan ekonomi masyarakat, kata Teras Narang usai rapat kerja dengan Kementerian ESDM di Jakarta, Senin.

"Dengan begitu, efek kesejahteraan juga bisa terasakan bagi warga di daerah penghasil tambang," ucap Mantan Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu.

Dalam kolaborasi ini, lanjut dia, tentu saja ada edukasi dan sosialisasi yang perlu digelar, agar masyarakat paham bagaimana investasi di sektor pertambangan bekerja dengan standar keselamatan kerja yang tinggi, sehingga tidak boleh sembarangan dimasuki, apalagi dijarah.

"Ini kerja-kerja yang mesti disinergikan dan disampaikan pada masyarakat secara berkesinambungan," kata Senator asal Kalteng itu.

Selain meningkatkan pengamanan, menurut mantan Anggota DPR RI periode 1999-2024 dan 2004-205 itu, penegakan hukum bagi pihak-pihak yang bertindak diluar aturan, sudah seharusnya dilakukan secara tegas dan terukur.

Baca juga: Pusat perlu ikut merevitalisasi Jembatan Tali Busur di perkampungan Dayak Tertua di Kalteng

"Demikian agar upaya bersama pelaku usaha dan masyarakat dalam mengejar kemajuan bersama dapat dilakukan lewat program-program yang sudah diatur oleh undang-undang," kata Teras Narang.

Dirinya pun mengapresiasi berbagai upaya dan kinerja kementerian ESDM dalam mengawal kemajuan daerah dan membangun kesadaran hukum masyarakat. Sebab, berbagai upaya itu, kedepannya akan memberikan dampak yang besar terhadap investasi di Indonesia.

"Tentunya kami berharap kerja-kerja yang baik telah dilakukan Kementerian ESDM itu dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan demi Indonesia maju dan sejahtera," demikian Teras Narang.

Baca juga: KKP tindaklanjuti usulan Teras Narang terkait pengembangan IBILAGA di Pulpis

Baca juga: Teras Narang yakin keputusan Megawati terkait capres terbaik bagi Bangsa Indonesia

Baca juga: Dukung pengembangan IBILAGA di Kalteng, Teras Narang surati Menteri KKP