Jamaah calon haji lansia Kapuas jalani pemeriksaan kesehatan

id Pemkab kapuas, jamaah calon haji, kuala kapuas, haji, kapuas, haji lansia, lanjut usia

Jamaah calon haji lansia Kapuas jalani pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan kesehatan bagi jamaah calon haji lansia di RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Rabu (1/3/2023).  (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 20 orang jamaah calon haji kategori lanjut usia (lansia) asal Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.

"Sampai saat ini total jamaah calon haji lansia di atas 65 tahun yang sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan berjumlah 41 orang, dengan usia tertua 84 tahun," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Tonun Irawaty Panjaitan di Kuala Kapuas, Kamis.

Mengingat banyaknya jamaah calon haji lansia maka tema pelayanan haji tahun ini adalah "Haji ramah lansia dan ramah disabilitas". Selain pemeriksaan kesehatan lengkap yang meliputi EKG, rontgen, laboratorium dan demensia, juga dilakukan pengukuran kebugaran.

Pelaksanaan pengukuran kebugaran selain dengan metode lari kecil atau jalan cepat sejauh 1,6 km, juga ada yang menggunakan metode tes berjalan selama 6 menit.

Dikatakannya, pemeriksaan kesehatan dan latihan kebugaran bagi jamaah lansia ini sangat penting untuk menyiapkan mereka sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji.

Baca juga: DPRD Kapuas dorong pembenahan RSUD

Apalagi dengan kondisi usia lanjut perlu diketahui kondisi kesehatan dan kebugaran sejak awal, sehingga bisa diantisipasi dan dipersiapkan sejak dari tanah air agar saat di tanah suci tetap sehat, bugar dan mandiri.

“Untuk jamaah lansia yang perlu perhatian khusus adalah yang berangkat sendirian. Diharapkan agar keluarga bisa mempersiapkan pendamping dari jamaah lain yang juga berangkat, sehingga bisa terbantu,” harapnya.

Selain itu, tambahnya, kepada seluruh jajaran kesehatan terkait, baik Dinas Kesehatan maupun puskesmas agar dapat melakukan pembinaan dan memberikan pelayanan yang terstruktur serta berkesinambungan.

"Semoga jamaah lansia yang sudah menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan ini, dari mulai berangkat hingga pulang nanti tetap dalam keadaan sehat," demikian Tonun Irawaty Panjaitan.

Baca juga: Mantan Komisioner KPU Kapuas divonis empat tahun penjara