Ratusan Pramuka Seruyan ramaikan KBP di Kotim

id Ratusan Pramuka Seruyan ramaikan KBP di Kotim, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Pramuka, ujung Pandaran

Ratusan Pramuka Seruyan ramaikan KBP di Kotim

Bupati Halikinnor memberikan selamat dan bingkisan kepada peserta Pra Siaga yang turut meramaikan pembukaan Kemah Bakti Pramuka Kotawaringin Timur di Bumi Perkemahan Desa Ujung Pandaran, Sabtu (11/3/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kemah Besar Pramuka (KBP) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Desa Ujung Pandaran, turut diramaikan ratusan peserta dari Kabupaten Seruyan. 

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi karena Pramuka dari Kabupaten Seruyan selalu berpartisipasi dalam agenda-agenda Pramuka di Kotim, termasuk saat ini. Ini tentu membuat kegiatan kita semakin meriah," kata Bupati Halikinnor, Sabtu. 

Kemah Besar Pramuka Kabupaten Kotawaringin Timur digelar di Bumi Perkemahan Desa Ujung Pandaran. Lokasinya berada di Pantai Ujung Pandaran yang merupakan objek wisata andalan Kotawaringin Timur. 

Pantai ini juga berbatasan dengan Pantai Bakau Kabupaten Seruyan. Lokasi yang dekat ini juga memudahkan anggota Pramuka Seruyan untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan Pramuka di Bumi Perkemahan Desa Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Menurut Halikinnor, hubungan yang baik antara Kwartir Cabang Pramuka Kotawaringin Timur dengan Seruyan harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Pramuka Kotawaringin Timur akan siap berpartisipasi jika ada kegiatan Pramuka di Seruyan.

Halikinnor berharap Kemah Besar Pramuka ini berjalan lancar dan membawa manfaat bagi peserta. Pramuka mengajarkan banyak hal positif kepada generasi muda, mulai dalam hal kemandirian, budi pekerti luhur, jiwa sosial hingga menghindari narkoba dan pergaulan bebas. 

Baca juga: Wayang Banjar obati kerinduan warga Sampit

"Makanya pemerintah daerah terus mendukung eksistensi dan pengembangan kepramukaan. Banyak nilai-nilai positif yang diajarkan kepada anak-anak kita melalui kegiatan Pramuka," jelas Halikinnor. 

Ketua Panitia Kemah Besar Pramuka Kotawaringin Timur, Sujarwo menyebutkan, peserta kegiatan ini sebanyak 2.500 orang, termasuk dari kelompok Pra Siaga, yaitu anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini. 

"Kami juga berterima kasih kepada Pramuka Seruyan yang mengirim 500 orang anggota mereka untuk berpartisipasi memeriahkan Kemah Besar Pramuka di Kotawaringin Timur ini," ujar Sujarwo. 

Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak Rabu (8/3) lalu. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan yaitu sosialisasi dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ditpolairud, Dinas Kesehatan dan lainnya. Selain itu juga ada berbagai jenis lomba untuk memeriahkan acara. 

Sujarwo menambahkan, kegiatan ini juga untuk persiapan Pramuka Kotawaringin Timur mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Baca juga: DPRD Kotim apresiasi pemprov bantu kapal untuk angkutan sekolah

Baca juga: Ketua DPRD Kotim wujudkan pembangunan gapura SMK Ambarwati

Baca juga: DPRD Kotim dorong penyelesaian jalan alternatif menuju Pelabuhan Bagendang