IPSI Kobar targetkan raihan maksimal pada Porprov Kalteng 2023

id Pemkab kobar, ipsi kobar, pencak silat, porprov kalteng 2023, pangkalan bun, kobar, kotawaringin barat

IPSI Kobar targetkan raihan maksimal pada Porprov Kalteng 2023

Atlet cabor pencak silat Kobar melakukan latihan di Kota Pangkalan Bun, Senin (13/03/2023). (ANTARA/HO-IPSI Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI)  Kabupaten Kotawaringin Barat menargetkan raihan maksimal pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah 2023 di Kotawaringin Timur. 

"Kita target 10 emas pada cabang olahraga pencak silat dalam Porprov Kalteng 2023 di Kotim nanti," kata Manajer Tim IPSI Kobar Aiptu Eddy Purwanto di Pangkalan Bun, Senin.

Dijelaskan Eddy, target yang diberikannya tersebut berkaca dari porprov sebelumnya di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, yakni Kobar berhasil meraih 6 medali emas pada cabor pencak silat.

"Sejak Januari lalu kami sudah melakukan pemusatan latihan bagi 27 atlet pencak silat," ucapnya.

Baca juga: Warga ramaikan lomba pancing udang galah di Desa Wisata Pangkalan Banteng

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, pemusatan latihan sendiri saat ini menjadi kendala, karena IPSI Kobar belum memiliki gedung mandiri sehingga harus berpindah-pindah. 

"Tapi kendala tersebut tidak mengurangi semangat para atlet, kadang kami menggunakan gedung KNPI dan Gedung Aula Desa Pasir Panjang," jelasnya. 

Selain itu, proses perizinan atau pengajuan dispensasi kepada sekolah ataupun tempat kerja bagi atlet sedikit menjadi kendala di lapangan. 

"Tapi pelan-pelan bisa diselesaikan, dan fasilitas sarana prasarana lainnya untuk menunjang latihan atlet tidak ada masalah," kata Eddy. 

Sementara itu, Ketua Pengcap IPSI Kobar Rizky Aditya mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan bonus bagi atlet cabor pencak silat yang bisa mempersembahkan medali pada Porprov 2023 nanti. 

"Pencak silat ini salah satu cabor pendulang medali untuk Kobar pada setiap porprov," ucapnya. 


Baca juga: Pemkab Kobar terus kembangkan ekonomi kreatif di berbagai sektor