Waket DPRD Kalteng ajak masyarakat sukseskan coklit

id Wakil Ketua DPRD Kalteng, Abdul Razak, DPRD Kalteng, DPRD kalimantan tengah, Kalteng, kalimantan tengah, pantarlih, coklit

Waket DPRD Kalteng ajak masyarakat sukseskan coklit

Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak (kanan) saat menerima kehadiran Petugas Pantarlih Kota Palangka Raya di kediamannya, Senin (13/3/2023) sore. ANTARA/HO-Dokumentasi Abdul Razak.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mengajak seluruh lapisan masyarakat di provinsi setempat, agar proaktif dan tidak menolak kehadiran para petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dari Komisi Pemilihan Umum setempat.

Petugas Pantarlih tersebut bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data para pemilih yang akan ikut dalam pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, kata Abdul Razak di Palangka Raya, kemarin.

"Coklit ini kan tahapan pemilu 2024. Jadi, kita semua harus mendukung dan terlibat aktif mendukung suksesnya coklit ini. Salah satu caranya dengan menerima kehadiran petugas Pantarlih," ucapnya.

Di awal pelaksanaan tahapan Coklit, Petugas Pantarlih yang telah direkrut oleh KPU Kota Palangka Raya, terlebih dahulu mendatangi sejumlah tokoh masyarakat. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya adanya dukungan dan ajakan kepada masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Coklit.

Abdul Razak yang merupakan wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara itu pun membenarkan bahwa dirinya telah didatangi oleh Petugas Pantarlih di kediamannya, di Palangka Raya. Kehadiran Petugas Pantarlih itu pun turut didampingi sejumlah komisioner KPU Palangka Raya.

Dia mengatakan Coklit ini sangat penting dilaksanakan, agar data pemilih lebih akurat. Dengan begitu, kesalahan data pemilih dapat lebih diminimalisir, atau tidak ada data warga yang sudah meninggal dunia tapi masih masuk dalam daftar pemilih.

Baca juga: Legislator Kalteng pertanyakan pemasangan listrik PLN di Pembuang Hulu

"Intinya, mencocokkan data warga dan meneliti kembali memang sangat diperlukan. Jadi, akan didapat data pemilih akurat dan mutakhir yang akan digunakan dalam Pemilu 2024 nanti," kata Politisi Senior Partai Golkar ini.

Anggota DPRD Kalteng tiga periode itu pun kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng untuk berpartisipasi serta mendukung dan menerima para petugas pantarlih yang akan melaksanakan tahapan coklit data pemilih.

"Saya apresiasi kegiatan KPU tersebut, dan menghimbau agar masyarakat juga dapat menerima petugas pantarlih yang akan berkunjung ke rumah. Mohon disiapkan juga data administrasi kependudukan. Mari kita sukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," demikian Abdul Razak.

Baca juga: DPRD Kalteng lakukan monitoring ke sejumlah PBS di Kotim

Baca juga: Pemda se-Kalteng harus siapkan anggaran Pemilu 2024

Baca juga: Masyakarat harus turut terlibat lestarikan cagar budaya