Legislator Gumas minta sosialisasi tertib berlalu lintas digencarkan

id Legislator Gumas minta sosialisasi tertib berlalu lintas digencarkan, kalteng, gumas, gunung mas, DPRD gumas

Legislator Gumas minta sosialisasi tertib berlalu lintas digencarkan

Legislator Kabupaten Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan. ANTARA/Chandra

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan meminta kepada pemerintah kabupaten dan pihak terkait lainnya, agar gencar menyosialisasikan tertib berlalu lintas hingga ke desa-desa.

Sosialisasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat hendaknya digencarkan, mengingat saat ini sejumlah ruas jalan di Gunung Mas sudah mulus beraspal, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

“Seperti ruas jalan kabupaten di wilayah Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya, yang saat ini sudah beraspal. Jalan yang sudah beraspal jangan sampai malah membuat banyak terjadi kecelakaan,” sambungnya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini menyebut, dengan adanya sosialisasi diharap masyarakat mengetahui pentingnya tertib berlalu lintas, dan kecelakaan dapat dicegah.

Sosialisasi dapat dilakukan secara tatap muka atau melalui berbagai media, baik itu media sosial maupun media massa. Terlebih pemerintah daerah memiliki Radio Hamauh Fm yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi.

“Kita jangan jemu menyosialisasikan tertib berlalu lintas, supaya kesadaran masyarakat dalam hal tertib berlalu lintas benar-benar tertanam. Bahkan saya harap kesadaran tersebut tertanam sejak dini,” kata politisi PAN itu.

Baca juga: Dukung pemilu, Pemkab Gunung Mas hibahkan kendaraan ke KPU

Untuk diketahui, pada 2022 lalu Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah melaksanakan peningkatan kapasitas struktur jalan Tumbang Empas-Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang, dengan anggaran sekitar Rp8,2 miliar.

Pada 2023 ini rencananya peningkatan kapasitas struktur jalan Tumbang Empas-Sepang Simin akan berlanjut, dengan anggaran sekitar Rp27,8 miliar.

Bupati Gunung Mas, Jaya S monong mengatakan, saat ini kondisi ruas jalan kabupaten di wilayah Tumbang Empas, sebagian besar sudah mulus beraspal. Kondisi tersebut tentunya juga harus dibarengi dengan peningkatan kesadaran masyarakat saat mengendarai kendaraan bermotor.

Dia mengingatkan, jangan sampai jalan yang sudah mulus malah digunakan untuk kebut-kebutan. Khusus pengguna kendaraan bermotor roda dua, diminta agar selalu mengenakan helm Standar Nasional Indonesia.

“Yang tak kalah penting, masyarakat sekitar saya imbau agar manfaatkan jalan yang sudah beraspal, untuk meningkatkan perekonomian,” demikian Jaya.

Baca juga: Legislator Gumas sesalkan masih ada PBS belum realisasikan CSR

Baca juga: PT SKS Listrik Kalimantan tingkatkan keterampilan para ibu untuk berwirausaha

Baca juga: Legislator Gumas dukung keberadaan Gereja Pandohop tingkatkan SDM jemaat