Bupati Kotim puji sekolah tanamkan jiwa sosial sejak dini

id Bupati Kotim puji sekolah tanamkan jiwa sosial sejak dini, kalteng, Sampit, kotim, bupati kotim, kotawaringin Timur, pendidikan, Halikinnor

Bupati Kotim puji sekolah tanamkan jiwa sosial sejak dini

Bupati Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati menyerahkan bantuan kepada murid di SDN 2 Mentawa Baru Hulu, Jumat (14/4/2023). Bantuan tersebut berasal dari murid-murid setempat untuk membantu rekan mereka yang membutuhkan. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor memuji program Ramadhan Berbagi yang dilaksanakan SDN 2 Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang karena sangat bagus menanamkan jiwa sosial sejak dini kepada peserta didik. 

"Pemerintah daerah mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada SDN 2 Mentawa Baru Hulu. Ini bentuk inovasi dalam melaksanakan kegiatan berbagi di bulan penuh rahmat ini," kata Halikinnor saat kunjungan ke sekolah tersebut, Jumat. 

Halikinnor datang didampingi Wakil Bupati Irawati. Mereka disambut antusias ratusan murid serta guru di sekolah yang berlokasi di Jalan MT Haryono tersebut. 

Peserta tampak bersemangat mengikuti kegiatan dan mendengarkan pesan-pesan penting dari kepala sekolah serta bupati. Meski masih kecil, banyak dari mereka yang mengaku tetap menjalankan ibadah puasa seharian penuh. 

Baca juga: 19.362 keluarga di Kotim terima bantuan beras

Program Ramadhan Berbagi di SDN 2 Mentawa Baru Hulu juga diisi kegiatan sosial. Guru bersama orang tua murid mengumpulkan sembako untuk dibagikan kepada murid di sekolah itu yang sangat memerlukan bantuan. 

"Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan penuh rahmat. Ini menjadi momen melatih anak-anak kita untuk memiliki kepekaan atau empati kepada teman-temannya yang kurang mampu," demikian Halikinnor. 

Kepala SDN 2 Mentawa Baru Hulu, Nita Neaty mengatakan, ada 45 paket sembako yang disediakan. Setiap paket berisi 12 jenis barang, di antaranya beras, gula, kopi, susu, minyak goreng dan lainnya yang berasal dari 12 kelas. 

"Penerima bantuan paket sembako ini adalah murid yang tidak mampu, maupun anak yatim atau piatu. Melalui kegiatan ini, semoga murid termotivasi berjiwa sosial dengan berbagi kepada teman-temannya yang kurang beruntung. Supaya mereka turut merasakan," ujar Nita. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak sekolah dalam membentuk karakter murid, melalui bidang sosial dan keagamaan. Nita menegaskan, SDN 2 Mentawa Baru Hulu akan terus meningkatkan kualitas sehingga berdampak positif terhadap pencapaian prestasi siswa dan sekolah tersebut. 

Baca juga: Pantauan Satgas Pangan Kalteng di Sampit, harga stabil dan stok aman

Baca juga: DPRD Kotim berharap Kemenhub bantu perpanjangan landasan bandara Sampit

Baca juga: Tujuh rumah ludes dalam kebakaran di Sampit