19.362 keluarga di Kotim terima bantuan beras

id 19.362 keluarga di Kotim terima bantuan beras, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bantuan beras 10 kg, bupati kotim, Halikinnor

19.362 keluarga di Kotim terima bantuan beras

Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati menyaksikan penyaluran bantuan beras untuk masyarakat di Kecamatan Baamang, Jumat (14/4/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Sebanyak 19.362 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Timur, Kalimantan Tengah menerima bantuan beras dari pemerintah sebanyak 10 kilogram selama tiga bulan. 

"Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat kita. Kita patut bersyukur karena pemerintah pusat memberikan perhatian kepada masyarakat di Indonesia, termasuk di Kotawaringin Timur yang perlu bantuan," kata Bupati Halikinnor saat penyaluran bantuan beras di Kecamatan Baamang, Jumat. 

Ratusan penerima bantuan memadati halaman kantor Kecamatan Baamang. Mereka antre mengikuti arahan petugas agar penyaluran bantuan beras tersebut berjalan tertib. 

Halikinnor mengaku turut gembira dengan adanya bantuan ini karena jelas sangat membantu masyarakat. Beras merupakan kebutuhan pokok, apalagi saat ini harga beras masih tinggi. 

"Saat bulan suci Ramadhan masyarakat tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga bantuan beras ini akan sangat membantu masyarakat kita," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Pantauan Satgas Pangan Kalteng di Sampit, harga stabil dan stok aman

Kepala Pelaksana Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur Muhammad Yusuf mengatakan penyaluran beras bantuan beras ini merupakan kerja sama Dinas Ketahanan Pangan, PT Pos Indonesia, Bulog dan Dinas Sosial. 

Menurutnya, bantuan ini semacam tambahan untuk pangan masyarakat,  selain bantuan yang rutin dari Dinas Sosial. Berasnya diambil dari cadangan beras pemerintah. 

"Total ada 19.362 KPM dengan total beras sekitar 193,6 ton setiap bulan yang disalurkan ke 17 kecamatan selama tiga bulan. Untuk kecamatan yang jauh mungkin disalurkan sekaligus, tapi kami masih menunggu petunjuk teknisnya," kata Yusuf. 

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Sampit Mahyudha Fatchul Yaqien menjelaskan, untuk mengambil bantuan beras tersebut, masyarakat tinggal membawa KTP untuk menerima bantuan. Pengambilan bantuan bisa diwakilkan kepada anggota dalam satu kartu keluarga (KK) yang sama dengan membawa KTP penerima dan KK sebagai bukti bahwa mereka satu keluarga. 

"Kami teliti agar tepat sasaran. Untuk kecamatan lain sudah jalan sejak Senin karena kami dikejar target bahwa sebelum Lebaran sudah harus selesai. Saat ini sudah 60 persen, tinggal Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang. Sisanya di tempat lain Mentaya Hulu, Kota Besi dan Pulau Hanaut disalurkan hari ini dan besok," demikian Machyuda. 

Baca juga: DPRD Kotim berharap Kemenhub bantu perpanjangan landasan bandara Sampit

Baca juga: Tujuh rumah ludes dalam kebakaran di Sampit

Baca juga: DPRD Kotim berupaya Perda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tepat waktu