Bupati Mura ingatkan pemudik untuk pastikan kelayakan kendaraan

id Apel operasi ketupat

Bupati Mura ingatkan pemudik untuk pastikan kelayakan kendaraan

Apel gelar pasukan operasi ketupat 2023 di Murung Raya. (Antara Foto/HO/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph memimpin apel gelar pasukan operasi Ketupat telabang 2023 dalam rangka kesiapan pengamanan menyambut Hari Raya Idulfitri 1.444 H yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Murung Raya pada Senin (17/4).

Apel ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda operasi oleh Bupati Murung Raya dan Kapolres Murung Raya AKBP I Irwansah, kepada perwakilan personel TNI, Polri dan Dinas Perhubungan.

Bupati Murung Raya Perdie MYoseph membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menyatakan  kegiatan ini sebagai wujud nyata sinergitas Polri dengan stakholder dalam rangka pengamanan mengamankan mudik dan hari raya idulfitri 1.444 H.

Operasi terpusat dengan Sandi "Ketupat 2023" berlangsung selama 14 Hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

"Dalam operasi ketupat 2023, diharapkan mampu berjalan dengan baik sehingga dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 hijriah serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan begitu pula pada saat arus balik," kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar seluruh personel yang terlibat memastikan ketersediaan perlengkapan pribadi dan berbagai fasilitas penunjang lainnya di setiap pos pengamanan maupun pos terpadu. Sehingga mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Disisi lain hhusus bagi rumah yang ditinggal mudik Bupati juga menghimbau masyarakat agar melapor ke ketua RT/ RW maupun Bhabinkamntibmas setempat.

Tak hanya itu, ia juga menekankan terkait permasalahan laka lantas. “Optimalkan langkah- langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan.” tutur Perdie membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Disamping itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan,memastikan kondisi kesehatan, dan meminta segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

Diakhir sambutannya, Bupati mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan dan selamat merayakan hari idul Fitri 1444 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan.

Apel gelar pasukan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Murung Raya Doni, Kejari Murung Raya Kosasih dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait.