Sampaikan LKPJ 2022, Bupati Gunung Mas paparkan beberapa capaian kinerja

id Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong, gumas, gunung mas, kalteng, lkpj gumas 2022, lkpj gumas

Sampaikan LKPJ 2022, Bupati Gunung Mas paparkan beberapa capaian kinerja

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menyampaikan LKPJ 2022 kepada Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar, saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Selasa (18/4/2023). ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong menyampaikan sejumlah capaian kinerja pemerintah daerah pada 2022, baik itu di bidang pendidikan, ketahanan pangan, kesehatan, infrastruktur, dan kependudukan di rapat paripurna DPRD setempat dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2022, Selasa.

Di bidang pendidikan pada program pengembangan kurikulum, penetapan kurikulum muatan lokal pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal, dengan capaian kinerja 100 persen atau sangat baik, kata Jaya gedung DPRD Gunung Mas di Kuala Kurun.

"Program pengelolaan PAUD dengan capaian kinerja 100 persen terealisasi dari target 93 persen," sambung orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas itu.

Di bidang ketahanan pangan yakni meningkatnya produksi perikanan dan benih ikan, jumlah produksi perikanan budi daya dan benih ikan, jumlah produksi perikanan budi daya, dan jumlah benih 97,2 persen, serta persentase ketersediaan pangan utama yakni beras capaian 100 persen.

Sedangkan bidang kesehatan pencapaian kinerja dengan indikator kinerja persentase penyelenggaraan promosi kesehatan dan gerakan hidup bersih dan sehat dengan capaian 74,17 persen dari target 100 persen. Kemudian peningkatan mutu pelayanan kesehatan untuk masyarakat, pengadaan sarana dan prasarana gedung kantor atau bangunan lainnya dengan capaian 99,72 persen dari target 100 persen.

Di bidang infrastruktur yakni meningkatnya kualitas jalan kabupaten dalam kondisi baik, dengan persentase 30,24 persen. Kemudian persentase rumah tangga pengguna air bersih sebesar 64,27 persen, persentase rumah tinggal bersanitasi 98,41 persen.

Baca juga: Pemudik dipersilahkan manfaatkan tiga rest area di Gunung Mas

Di bidang kependudukan, pencapaian kinerja bidang kependudukan dengan indikator kinerja antara lain rasio penduduk memiliki KTP elektronik per satuan penduduk, dengan capaian 90 persen dari target 100 persen. Lalu cakupan jumlah penduduk yang memiliki kartu keluarga dengan capaian 96 persen dari target 100 persen.

Secara umum, capaian realisasi APBD Gunung Mas 2022 untuk pendapatan daerah mengalami kenaikan Rp63 miliar rupiah, dari target APBD murni sebesar Rp1,020 triliun menjadi Rp1,084 triliun.

"Untuk belanja daerah, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perubahan APBD 2022, belanja daerah Gunung Mas pada perubahan APBD 2022 mengalami penurunan sejumlah Rp72,373 miliar dari target APBD murni sebesar Rp1,115 triliun sehingga menjadi Rp1,042 triliun," demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas pastikan stok bahan pokok aman jelang Lebaran

Baca juga: Bupati Gunung Mas berharap metode gasing ubah paradigma terhadap matematika

Baca juga: 277 tenaga kesehatan di Gunung Mas terima SK PPPK