Bupati Gunung Mas minta para damang bersinergi dalam pembangunan

id Pemkab gunung mas, damang adat, dad, dewan adat dayak, kuala kurun, bupati jaya s monong, gumas, gunung mas

Bupati Gunung Mas minta para damang bersinergi dalam pembangunan

Bupati Gunung Mas menyerahkan SK kepada para damang yang baru saja dilantik di Kuala Kurun, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong meminta kepada para damang yang baru saja dilantik agar menjalin koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan damang sebelumnya.

Jika ada pekerjaan damang sebelumnya yang belum selesai, maka damang baru harus dapat melanjutkan penyelesaian pekerjaan pendahulunya, ucapnya usai melantik Damang Kecamatan Rungan Hulu, Miri Manasa, dan Sepang di Kuala Kurun, Selasa.

“Damang baru harus berkoordinasi dengan damang sebelumnya, karena mungkin saja ada pekerjaan damang sebelumnya yang belum selesai. Jangan sampai damang baru tidak mengetahui pekerjaan damang sebelumnya. Jadi harus berkesinambungan,” sambungnya.

Jaya yang juga selaku Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Gunung Mas berharap damang selalu bersinergi dengan pemerintah dan lembaga terkait lainnya, dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban berbasis kearifan lokal.

Sinergi tersebut demi mewujudkan jati diri, harkat dan martabat masyarakat Dayak, melalui semboyan “Belom Bahadat” dan bijak dalam mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan hukum adat istiadat yang berlaku.

Baca juga: Sampaikan LKPJ 2022, Bupati Gunung Mas paparkan beberapa capaian kinerja

Dengan adanya sinergi yang baik dengan seluruh pihak, sambung dia, diharap dapat tercipta kedamaian dan ketenteraman di lingkungan masyarakat, keluarga, pemerintah, serta bangsa dan negara pada umumnya.

“Damang yang baru dilantik juga saya ingatkan agar selalu menjaga harkat dan martabat. Jangan terlibat dengan narkoba, perjudian, perselingkuhan, dan hati-hati dalam mengelola anggaran,” tegas Jaya.

Di sisi lain, Jaya menyampaikan apresiasi kepada damang lama, yang selama ini telah menjalankan tugas dengan baik di kecamatan masing-masing. Damang lama diminta tak ragu memberi saran dan masukan kepada damang baru, demi kemajuan bersama.

Adapun mereka yang dilantik yakni Badri H Bundung sebagai Damang Rungan Hulu, menggantikan Kampili M Jinu. Lalu Tonadi D Encun sebagai Damang Miri Manasa, menggantikan Demus S Ambung. Kemudian Karyawan sebagai Damang Sepang, menggantikan Sarangan.

Baca juga: Pemudik dipersilahkan manfaatkan tiga rest area di Gunung Mas