Sebanyak 640 pemudik dari Pelabuhan Kumai berangkat menuju Kendal

id Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, kobar, kalteng, mudik lebaran, lebaran 2023

Sebanyak 640 pemudik dari Pelabuhan Kumai berangkat menuju Kendal

Aktifitas arus mudik melalui Pelabuhan Kumai pada arus mudik Lebaran tahun 2023. Minggu (16/04/2023) ANTARA/M Husein Asyari.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Sebanyak 640 pemudik dari Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menuju Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah dengan menggunakan KMP Kolibodri berangkat hari ini, Kamis (20/04). 

"Hari ini KMP Kolibodri berangkat dengan tujuan Kendal dengan mengangkut 640 penumpang," Kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai Hary Suyanto di Kumai. 

Selain KMP Kolibodri dengan tujuan Kendal, Pelabuhan Kumai juga melayani dua keberangkatan lainnya, yakni KM Dharma Kencana III tujuan Surabaya, dan KM Lauser dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah. 

"Untuk KM Dharma Kencana III, hari ini menuju Surabaya dengan mengangkut 410 penumpang, sedangkan KM Lauser mengangkut 1.456 penumpang dengan tujuan Semarang," ujar Hary. 

Pada arus mudik Lebaran tahun 1444 Hijriah, KSOP Kelas III Kumai mencatat ada 37 keberangkatan dengan total jumlah penumpang yang dilayani yakni 31.394 penumpang dengan tujuan Surabaya, Semarang dan Kendal. 

"Hari ini hari terakhir aktifitas arus mudik di Pelabuhan Kumai, dari data yang ada, total pemudik tahun ini dari Pelabuhan Kumai yakni 31.394 pemudik dari 37 keberangkatan," ujar Hary. 

Ditambahkannya, pada arus mudik Lebaran tahun ini di Pelabuhan Kumai berjalan aman dan lancar, karena sudah sebelum di mulainya arus mudik, ia bersama tim lain sudah menyiapkan segala dalam menghadapi arus mudik ini. 

Baca juga: Pelabuhan Kumai sudah melayani 34 keberangkatan dengan total 28.888 pemudik

"Alhamdulillah semua berjalan lancar dan aman," ucap Hary. 

Kepala Kantor Cabang PT Pelayaran Nasional (Pelni) Pangkalan Bun/Kumai, Roni Abdullah mengatakan, untuk keberangkatan terakhir hari ini KM Lauser pada pukul 00.00 WIB dengan tujuan Semarang. 

"Malam ini KM Lauser berangkat pukul 00.00 WIB dengan membawa 1.456 penumpang dengan tujuan Semarang," terang Roni.

Baca juga: Puncak arus mudik, 5.965 orang berangkat melalui Pelabuhan Kumai

Baca juga: Hari ini sebanyak 4.037 pemudik berangkat lewat Pelabuhan Kumai

Baca juga: 1.200 penumpang berangkat dari terminal Natai Suka Pangkalan Bun