Hari ini sebanyak 4.037 pemudik berangkat lewat Pelabuhan Kumai

id Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, kobar, kalteng

Hari ini sebanyak 4.037 pemudik berangkat lewat Pelabuhan Kumai

Aktivitas di Pelabuhan Kumai saat melayani pemudik, Minggu (16/04/2023) ANTARA/M Husein Asyari.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Sebanyak 4.037 pemudik berangkat dari Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (17/4/2023).

"Dari data keberangkatan penumpang hari ini, sebanyak 4.037 penumpang berangkat dari Pelabuhan Kumai ke Pulau Jawa dengan menggunakan 4 buah kapal," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai Hary Suyanto di Kumai. 

Dikatakan, keberangkatan kapal pada hari ini, Senin (17/04) berjalan lancar tanpa ada kendala. 4 buah Kapal yang berangkat hari ini yakni KM Awu, KM Lawit, KM Kirana I dan KM Dharma Kencana III. 

"Dari data yang ada, pada keberangkatan hari ini KM Awu mengangkut 1.565 penumpang, KM Kirana I 636 penumpang dengan tujuan Semarang," ucapnya.

Selain itu, untuk KM Lawit yang mengangkut 1.426 pemudik dan KM Dharma Kencana III mengangkut 410 pemudik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Jawa Timur. 

"Hingga H-5 Lebaran tahun 2023 ini, sebanyak 22.576 pemudik berangkat melalui Pelabuhan Kumai, dan untuk puncaknya kita perkirakan akan terjadi H-3 nanti," kata Hary. 

Baca juga: 1.200 penumpang berangkat dari terminal Natai Suka Pangkalan Bun

Diketahui, pada musim mudik Lebaran 1444 Hijriah sebanyak 12 unit kapal penumpang yang melayani arus mudik dari Pelabuhan Kumai dengan Pulau Jawa yakni Surabaya, Semarang dan Kendal. 

Ke 12 unit kapal yang melayani pemudik dari Pelabuhan Kumai ke Pulau Jawa tersebut yakni dari PT Pelni yakni KM Kelimutu, KM Lauser, KM Binaiya, KM Lawit, dan KM Awu. 

Selain itu dari PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) yakni KM Kirana I,  KM Kirana III, Dharma Rucitra 9, Dharma Kencana III, dan Dharma Kartika III. Selain itu ada KM Niki Barokah dari PT BLS dan KM Kolibodri dari PT ASDP. 

Baca juga: Belum ada lonjakan pemudik di Bandara Iskandar Pangkalan Bun

Baca juga: Karta Pangkalan Bun wujudkan kebutuhan warga di Ramadhan Heppiii

Baca juga: Sudah 18.539 pemudik berangkat melalui Pelabuhan Kumai