Sebanyak 5.613 pemudik berangkat melalui Terminal Natai Suka Pangkalan Bun

id Terminal Tipe B Natai Suka, Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, kobar, kalteng, mudik, mudik leba

Sebanyak 5.613 pemudik berangkat melalui Terminal Natai Suka Pangkalan Bun

Aktifitas arus mudik Lebaran 2023 di Terminal Natai Suka Pangkalan Bun. Senin (17/04/2023) ANTARA/M Husein Asyari.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Sebanyak 5.613 pemudik berangkat melalui Terminal Tipe B Natai Suka, Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada arus mudik Lebaran 2023 ini. 

"Dari tanggal 12-19 April, total ada 101 keberangkatan bis dengan total 5.613 penumpang dengan tujuan, Sampit, Palangka Raya, dan Banjarmasin," ujar Kepala Terminal Tipe B Natai Suka Pangkalan Bun, Syamsul Qomar. 

Diterangkan Syamsul Qomar, untuk puncak keberangkatan terjadi pada tanggal 19-20 April dengan total keberangkatan kurang lebih 17 keberangkatan bis. Untuk kedatangan sendiri, dari tanggal 12-19 total kedatangan di Terminal Natai Suka yakni 8.157 orang," ucap Syamsul Qomar. 

Sementara tujuan Pangkalan Bun ke Pontianak, Kalimantan Barat dan sebaliknya, total penumpang yang berangkat yakni 222 orang yang dan yang datang 346 orang. 

"Tujuan Pangkalan Bun-Pontianak cuma dilayani oleh Perusahaan Outubus (PO) Damri saja. Sehari sekali keberangkatan dan kedatangan saja, jadi tidak terlalu banyak penumpang yang berangkat dan datang," ucapnya. 

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kobar melaksanakan kegiatan ramp check kepada setiap bis yang melayani arus mudik Lebaran melalui Terminal Natai Suka. Hal tersebut sebagai sebagai upaya untuk menciptakan keselamatan dalam berlalu lintas. 

Baca juga: Sebanyak 640 pemudik dari Pelabuhan Kumai berangkat menuju Kendal

"Untuk memberikan rasa nyaman dan keselamatan khususnya kendaraan angkutan penumpang yakni bus yang beroperasional menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Baik dari aspek administrasi maupun aspek teknis kendaraan," kata Kadishub Kobar, Amir Hadi. 

Ramp chek yang dilakukan yakni melakukan pemeriksaan baik itu fungsi rem, lampu, ban, dan lainnya telah memenuhi syarat untuk laik jalan. Selain itu, kendaraan angkutan penumpang yakni bus yang beroperasional harus memiliki surat-surat serta izin yang lengkap.

Baca juga: Pelabuhan Kumai sudah melayani 34 keberangkatan dengan total 28.888 pemudik

Baca juga: Puncak arus mudik, 5.965 orang berangkat melalui Pelabuhan Kumai

Baca juga: Hari ini sebanyak 4.037 pemudik berangkat lewat Pelabuhan Kumai

Baca juga: 1.200 penumpang berangkat dari terminal Natai Suka Pangkalan Bun