Penumpang di Bandara Tjilik Riwut periode arus mudik Lebaran capai 14.788 orang

id Arus mudik, bandara tjilik riwut palangka raya, palangkaraya, mudik lebaran, lebaran 2023, hari raya idul fitri 1444 hij

Penumpang di Bandara Tjilik Riwut periode arus mudik Lebaran capai 14.788 orang

Penumpang bersalaman dengan keluarganya setiba di terminal kedatangan di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, (16/4/2023). (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/YU)

Palangka Raya (ANTARA) - Pergerakan penumpang pada periode arus mudik Lebaran 2023 di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah hingga saat ini mencapai hingga 14.788 orang.

"Total pergerakan penumpang dari 14 April 2023 hingga 20 April 2023 adalah sebanyak 14.788 orang," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut Ardha Wulanigara dihubungi di Palangka Raya, Kamis.

Adapun rata-rata pergerakan penumpang per harinya di periode arus mudik Lebaran 2023 ini adalah sekitar 2.000 lebih penumpang, dengan frekuensi penerbangan mencapai hingga belasan.

Pergerakan penumpang di Bandara Tjilik Riwut ini masih didominasi rute penerbangan Palangka Raya-Surabaya maupun Palangka Raya-Jakarta. Selain Surabaya dan Jakarta, ada pula rute seperti Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Sedangkan untuk Jumat (21/4) besok, diprediksi mulai terjadi penurunan pergerakan penumpang, yakni di angka sekitar 1.800-1.900 orang," jelasnya.

Baca juga: Puncak arus mudik di Pelabuhan Sampit berangkatkan 1.995 penumpang

Kelancaran arus mudik di Bandara Tjilik Riwut juga didukung adanya posko yang diisi tim gabungan dari sejumlah instansi, untuk membantu mewujudkan perjalanan yang aman dan nyaman.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah menyampaikan, mengacu pada minat masyarakat provinsi setempat terhadap jenis moda transportasi pada arus mudik tahun ini, untuk angkutan udara atau pesawat mencapai sekitar 16 persen.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Yulindra Dedy menjelaskan, pihaknya menurunkan puluhan personel untuk mendukung pelaksanaan mudik yang aman dan berkesan.

"Para personel Dinas Perhubungan yang kami turunkan selama periode arus mudik ini, bersinergi bersama personel dari instansi terkait lainnya. Seperti melaksanakan patroli, pengecekan angkutan, serta lainnya," terang Yulindra.

Baca juga: Pantau arus mudik, Jokowi tetap berkomunikasi dengan para menteri