Anggota DPR RI: Perusahaan di Kalteng wajib sejahterakan buruh

id May Day,Palangka Raya,Kalteng,Agustiar Sabran,Ketua DAD Kalteng,Sugianto Sabran,Anggota DPR RI: Perusahaan di Kalteng wajib sejahterakan buruh

Anggota DPR RI: Perusahaan di Kalteng wajib sejahterakan buruh

Anggota DPR RI dapil Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI Agustiar Sabran meminta kalangan perusahaan di Indonesia wajib menyejahterakan pegawai atau buruh yang dipekerjakan.

"Negara kuat apabila buruhnya sejahtera, jangan sampai ada perusahaan di Indonesia khususnya di Kalteng lupa akan pentingnya kesejahteraan terhadap buruh yang dipekerjakannya," katanya saat dihubungi di Palangka Raya, Senin.

Agustiar mengungkapkan, apabila ada perusahaan yang tidak membayarkan hak-hak pekerjanya maka disarankan agar segera melaporkan perkara tersebut ke dinas Ketenagakerjaan di provinsi setempat.

Baca juga: Anggota DPR: Pemda se-Kalteng lakukan mitigasi karhutla sejak dini

Apalagi momentum Hari Buruh Internasional atau May Day 2023 ini sangatlah tepat, untuk mengadukan persoalan tersebut ke instansi terkait, agar perusahaan tersebut diberi teguran dan segera memberikan hak-hak para pekerjanya sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Dari sekian banyak perusahaan perkara seperti ini tentunya ada, hanya saja ini tidak terekspos. Maka dari itu, di momentum Hari Buruh Internasional jangan ada lagi perusahaan yang tidak membayarkan hak-haknya sesuai aturan yang berlaku di perusahaan itu," ucapnya.

Selain itu, lanjut kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tersebut menekankan, dukungan penuh memang sudah seharusnya diberikan, karena buruh merupakan bagian penting bagi bangsa ini. Bahkan, mereka layak disebut sebagai tulang punggung ekonomi bangsa.

Baca juga: Anggota DPR: Tahun politik masyarakat jangan mudah diadu domba

Kontribusi buruh selama ini berperan besar dalam mempercepat gerak laju ekonomi Indonesia, terutama terkait dengan pemenuhan kebutuhan pekerja di berbagai sektor.

"Maka dari itu, kita harus mendorong menciptakan regulasi terbaik bagi kesejahteraan dan aspirasi buruh, terutama soal jaminan kesehatan, keamanan kerja, serta Pendidikan Kontribusi buruh bernilai penting untuk meningkatkan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang," ungkapnya.

Agustiar yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng itu menambahkan, berharap pekerja di Indonesia khususnya di provinsi setempat bisa meningkatkan profesionalisme dan kompetensi selama bekerja. Dengan meningkatkan profesionalitas dan kompetensi bekerja, diharapkan mampu mendongkrak tingkat kesejahteraan para buruh.

"Semoga para pekerja Indonesia khususnya di daerah kita semakin mampu meningkatkan profesionalisme dan kompetensi kerja. Juga semakin mampu meningkatkan kesejahteraan dan keberkahan hidupnya," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Agustiar Sabran salurkan 1.200 sak beras ke pengurus PDI Perjuangan

Baca juga: Agustiar Sabran: Paskah pererat toleransi antarumat beragama di Kalteng

Baca juga: Agustiar Sabran apresiasi kinerja Polda jaga kamtibmas Kalteng

Baca juga: Gebyar Ramadhan Berkah sarana memperkuat kecintaan Al Quran di Kalteng