DPRD Kapuas imbau warga waspada hoaks di tahun politik

id DPRD Kapuas imbau warga waspada hoax ditahun politik, pemilu, kalteng, kapuas

DPRD Kapuas imbau warga waspada hoaks di tahun politik

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Ardiansah. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah, mengimbau serta mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dalam mengonsumsi informasi dari media sosial.

"Pasalnya, saat ini sudah memasuki tahun politik yang kerap kali dijadikan kesempatan menyebarkan kabar bohong atau hoax," kata Ardiansah di Kuala Kapuas, Minggu.

Kemudian, masyarakat juga disarankan untuk tidak mudah terprovokasi terhadap kabar bohong yang sering bertebaran di media sosial jelang tahun politik saat ini.

"Warga disarankan jangan mudah percaya dengan informasi yang bertebaran di media sosial kebenarannya belum benar-benar palit, apalagi kabar-kabar terkait pemilu," katanya.

Menurutnya, saat ini media sosial seolah menjadi bagian tidak terpisahkan dari warga yang hidup di era milenial ini. Para pengguna sekarang bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan berbagai informasi yang dapat tersebar dengan begitu mudahnya.

Baca juga: Masyarakat Kapuas diingatkan terus jaga kebersamaan

Untuk itulah, politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini, berpesan agar masyarakat sebagai penikmat media sosial sudah seharusnya bisa menyaring informasi yang disajikan lewat media sosial dan dalam menggunakannya.

Selain itu, diperlukan juga sikap bijak dalam menyaring setiap informasi yang didapatkan, dengan terlebih dahulu memastikan sumbernya apakah informasi tersebut benar atau cuma hoax.

“Jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang disebarkan, jaga etika dalam menggunakan media sosial. Filter atau saring informasi yang akan dibagikan, dan jangan bagikan informasi atau data pribadi anda secara mudah di media sosial,” pesannya.

Wakil rakyat yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) Kapuas III meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan Pasak Talawang ini, mengajak masyarakat di daerah setempat, untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di wilayah setempat.

"Mari kita jaga Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini," demikian Ardiansah.

Baca juga: Ratusan peserta pejalan kaki meriahkan pawai obor tolak bala di Kapuas

Baca juga: Legislator minta Pemkab Kapuas perhatikan pembayaran guru tekon

Baca juga: DPRD Kapuas dukung pelayanan IKD dengan sistem jemput bola