Pemkab Kobar berencana bangun jalan baru sepanjang 789 km di tahun 2023

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kotawaringin Barat, PUPR Kotawaringin Barat, Kotawaringin Bar

Pemkab Kobar berencana bangun jalan baru sepanjang 789 km di tahun 2023

Dinas PUPR Kotawaringin Barat saat melaksanakan pemeliharaan jalan di wilayah pesisir, baru-baru ini. ANTARA/HO-Dinas PUPR Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, pada tahun 2023 akan melakukan penambahan ruas jalan sepanjang 789,14 kilometer (km). 

"Pada tahun 2022 total panjang ruas jalan di Kobar yakni 1.222,845 km, dan di tahun 2023 ini akan dilakukan penambahan panjang jalan baru. Jadi, totalnya nanti 2.011,99 km," kata Kepala PUPR Kobar Hasyim Muallim saat dihubungi dari Palangka Raya, Selasa. 

Dikatakan, pembangunan ruas jalan merupakan program strategis daerah dengan tujuan membuka jalan untuk perkembangan  perekonomian masyarakat terkhusus di Kobar. 

"Dengan adanya jalan, tentu akan berdampak pada sektor perekonomian masyarakat, karena akan memudahkan masyarakat dalam membawa dan menjual hasil pertanian atau perkebunan mereka," ucap Hasyim. 

Selain berdampak pada sektor perekonomian masyarakat, lanjut dia, pembangunan jalan juga berdampak pada eksentrisitas pelayanan sosial, kesehatan, dan pendidikan di wilayah tersebut. 

"Misal pembangunan di daerah pesisir, tentu akan memudahkan dalam upaya mempromosikan pariwisata di wilayah tersebut, dan memudahkan masyarakat dalam menjual hasil perikanan disana juga," ucap Hasyim. 

Sebelumnya Kadis PUPR Kobar menjelaskan, di tahun 2022, dari total panjang jalan di Kobar yakni 1.222,845 km, 422,176 km dalam kondisi baik, 8,64 km dalam kondisi sedang, dan 792,02 km jalan dengan kondisi rusak berat. 

Baca juga: Festival Marunting Batu Aji langkah Pemkab Kobar lestarikan budaya lokal

"Jalan dengan kondisi mantap yakni 430,82 km, dan kami akan terus berupaya melakukan peningkatan kualitas infrastruktur khususnya jalan untuk kenyamanan masyarakat Kobar," terangnya

Selain itu, di tahun 2022 Pemkab Kobar juga bekerjasama dengan pihak perusahaan melalui program tanggungjawab sosial (CSR) konsorsium dengan perusahaan dengan melakukan pemeliharaan jalan sepanjang 115 km

"Untuk tahun 2023 ini, program CSR konsorsium akan melaksanakan pemeliharaan jalan sepanjang 54 km," demikian Hasyim. 

Baca juga: Pemkab Kobar terus berupaya mengoptimalkan penanganan pergaulan bebas

Baca juga: 35 persen jalan di Kobar dalam kondisi mantap

Baca juga: PDAM Tirta Arut terus upayakan peningkatan kualitas layanan