Pemkab Bartim-OJK pacu peningkatan layanan keuangan di daerah

id Pemkab bartim, tpakd wilayah timur kalteng, ojk kalteng, ojk regional 9 kalimantan, akses keuangan daerah, das barito, bartim, barsel, barito timur, t

Pemkab Bartim-OJK pacu peningkatan layanan keuangan di daerah

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Kepala OJK Regional 9 Kalimantan Darmansyah dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Bartim, Barsel, Barut dan Mura di Tamiang Layang, Senin (15/5/2023).  (ANTARA/HO-Prokopim Setda Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah membuka rapat koordinasi (rakor) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) untuk membahas layanan keuangan.

“Rakor ini sangat bermanfaat dan diharapkan meningkatkan proses layanan keuangan,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, rakor ini dapat merumuskan cara-cara TPAKD agar bisa berjalan dengan sebaik-baiknya, mulai dari layanan keuangan dan nantinya juga bisa memberi pemahaman efektif agar dapat mendorong akses keuangan di daerah.

Kepala OJK Regional 9 Kalimantan, Darmansyah, mengapresiasi dan berterima kasih atas kesediaan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas yang telah menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.

"Hari ini kita melakukan rapat koordinasi TPAKD ini kita harus mengetahui program dari seluruh kabupaten wilayah timur Provinsi Kalteng, dan ini tidak hanya pengukuhan saja, tetapi harus ada program nyata ke masyarakat," terang Darmansyah.

Baca juga: KPU Bartim telah terima berkas pendaftaran bacaleg dari 15 Parpol

Darmansyah menjelaskan, terkait program-program yang akan dilaksanakan adalah supaya akses keuangan kepada masyarakat itu terbuka seluas-luasnya, baik dari sisi akses dalam konteks pembiayaan yang murah maupun akses penggunaan jasa layanan keuangan, khususnya perbankan maupun non perbankan.

"Pada kegiatan TPKAD ini mungkin akan membuat masyarakat lebih sejahtera dengan dapatnya akses keuangan pembiayaan, khususnya dari pembiayaan murah dari lembaga jasa keuangan,” tuturnya.

Kabupaten Barito Timur menjadi tuan rumah Rakor TPAKD dan dilaksanakan di ruang rapat Bupati Barito Timur di Tamiang Layang. Rakor itu dihadiri Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy, jajaran pimpinan Bank Kalteng, TPAKD dari Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya serta undangan lainnya.

Baca juga: DPRD Bartim sampaikan catatan dan Rekomendasi atas LKPJ 2022

Baca juga: RSUD Tamiang Layang bakal miliki dokter ahli jiwa