Sekolah di Kotim wajib menciptakan kantin sehat

id Sekolah di Kotim wajib menciptakan kantin sehat, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, disdik kotim, pendidikan, Irfansyah, kantin sehat

Sekolah di Kotim wajib menciptakan kantin sehat

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah terus gencar mensosialisasikan program Kampanye Sekolah Sehat (KSS), salah satunya adalah mewujudkan kantin sehat di setiap sekolah. 

"Setiap sekolah diminta melaksanakan Kampanye Sekolah Sehat melalui penerapan Sekolah Sehat di satuan pendidikan dengan berfokus pada 3 Sehat yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah di Sampit, Rabu. 

Hal ini sebelumnya juga sudah disampaikan Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur melalui surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor: 421.1/2465/SET/2023 tentang Pengelolaan Kampanye Sekolah Sehat. 

Surat edaran itu ditujukan kepada Koordinator Pendidikan Wilayah Kecamatan, pengawas SD, pengawas SMP dan penilik satuan PAUD PNF, kepala satuan PAUD, kepala Sekolah Dasar, kepala Sekolah Menengah Pertama, serta kepala SKB dan PKBM se-Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Hal ini juga menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor 4447/C/HK.04.01/2023 tanggal 16 Mei 2023 tentang Kampanye Sekolah Sehat. 

Dijelaskan, pembinaan kantin sehat merupakan bagian dari upaya mewujudkan fokus sehat bergizi. Sekolah diminta meningkatkan pemahaman gizi seimbang atau isi piringku.

Selanjutnya yaitu pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang, termasuk minum air putih, makan buah, dan makan sayur setiap hari. 

Upaya lainnya adalah menghindari atau meminimalisasi konsumsi makanan cepat saji, makanan atau minuman yang berpemanis, berpengawet, kurang serat: serta tinggi gula, garam, dan lemak. Penekanan utamanya yaitu pembinaan kantin sehat. 

Dijelaskan bahwa kantin dan jajanan sehat di sekolah dapat mempengaruhi kesehatan peserta didik. Jajanan yang sehat, aman dan bergizi untuk anak sekolah berdampak besar bagi kesehatan dan kecerdasan anak di masa depan. 

"Oleh karena itu, di kantin sekolah perlu diterapkan pentingnya perilaku bersih dan sehat dalam hal jajanan," demikian Irfansyah.