Bupati Katingan: Toleransi, persatuan dan gotong royong kunci membangun bangsa

id Bupati Katingan: Toleransi, persatuan dan gotong royong kunci membangun bangsa, kalteng, katingan, kasongan

Bupati Katingan: Toleransi, persatuan dan gotong royong kunci membangun bangsa

Bupati Katingan, Kalteng Sakariyas (dua kiri) saat peringatan Hari Lahir Pancasila di Kasongan, Senin (19/6/2023). ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sakariyas mengatakan, toleransi, persatuan dan gotong-royong merupakan kunci utama membangun daerah, bangsa dan negara.

"Masyarakat mari mengamalkan sikap toleransi dan menghargai setiap perbedaan. Karena toleransi, persatuan dan gotong-royong adalah kunci untuk membangun bangsa yang kokoh," kata Sakariyas di Kasongan, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar jajaran Pemerintah Kabupaten Katingan.

"Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatnya kita dapat berkumpul melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman kantor Bupati Katingan," katanya.

Sakariyas mengatakan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, tentunya mengingatkan kita untuk terus mengamalkan nilai ideologi Pancasila, mengenang jasa para pendahulu, serta mensyukuri prestasi bangsa Indonesia berkat bimbingan Pancasila.

Baca juga: Wabup Katingan berangkatkan 40 jamaah calon haji

"Oleh sebab itulah, saya kembali mengajak masyarakat Kabupaten Katingan untuk bergerak bersama, menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas dan agama serta menolak segala bentuk provokasi," katanya.

Pria nomor satu di lingkup Pemerintahan Kabupaten yang berbatasan dengan Kota Palangka Raya itu juga mengajak masyarakat setempat menyambut dan menyukseskan pemilihan umum 2024.

"Mari kita sambut pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2024 mendatang dengan kedewasaan dan sukacita," kata Sakariyas.

Dia juga mengajak masyarakat setempat, menyukseskan pesta demokrasi kita dengan menjunjung tinggi semangat toleransi, semangat persatuan dan gotong-royong demi pemilu berkualitas.

"Dengan adanya semangat Pancasila, mari semua bersama-sama mendorong kebangkitan generasi yang kolaboratif dan siap membangun peradaban yang lebih baik, khususnya dalam membangun Kabupaten Katingan," demikian Sakariyas.

Baca juga: Bupati Katingan tingkatkan insentif untuk Satlinmas

Baca juga: Kabupaten Katingan harus miliki venue penyelenggaraan event besar

Baca juga: Timsel tetapkan 40 calon anggota KPU empat kabupaten di Kalimantan Tengah