Berikut delapan Desa Bersih Narkoba di Pulang Pisau

id Pemkab pulang pisau, desa anti narkoba, delapan desa bersinar pulang pisau, perang narkoba, anti narkoba, p4gn, tamiang layang, bartim, barito timur

Berikut delapan Desa Bersih Narkoba di Pulang Pisau

Sekretaris Daerah Pulang Pisau Tony Harisinta bersama Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Priyambudi menunjukan komitmen dari delapan desa yang ditetapkan dan dikukuhkan menjadi Desa Bersinar, belum lama ini. (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Tony Harisinta mengatakan penetapan dan pengukuhan delapan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) diharap memacu seluruh komponen yang ada di dalamnya mengobarkan semangat juang, agar masyarakat sadar terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Komitmen Desa Bersinar terus digelorakan ke seluruh pemerintah desa agar bekerja lebih efektif dalam memerangi narkoba dengan kearifan lokal yang ada,” kata Tony Harisinta di Pulang Pisau, Selasa.

Menurutnya, narkoba saat ini sudah menjadi musuh nyata bagi semua pihak dan telah menyatakan perang terhadap narkoba. Upaya yang harus dilakukan adalah memaksimalkan P4GN yakni pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. 

Dirinya berharap semua pihak berpartisipasi dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Terlebih Pulang Pisau merupakan daerah perlintasan, sehingga tidak menutup kemungkinan berpotensi sebagai tempat perdagangan gelap narkoba.

“Untuk mengantisipasi ini, kita semua harus berperan aktif dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba,” ajaknya.

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau salurkan 25 ekor hewan kurban

Pemberdayaan desa untuk memerangi narkoba, kata Tony Harisinta, harus mulai dilakukan untuk membangun negara serta mendukung pembangunan berkelanjutan yang dimulai dari lingkup terkecil yakni tingkat desa. 

Dirinya percaya dengan kebersamaan, peran aktif desa serta semua komponen masyarakat, Pulang Pisau yang bersih dari narkoba dapat terwujud.

Adapun delapan desa yang menandatangani komitmen menjadi Desa Bersinar adalah Bawan di Kecamatan Banama Tingang, Tuwung di Kecamatan Kahayan Tengah dan Sakakajang di Kecamatan Jabiren Raya.

Selanjutnya Desa Hanjak Maju di Kecamatan Kahayan Hilir, Purwodadi di Kecamatan Maliku, Talio Hulu di Kecamatan Pandih Batu, Bahaur Hilir di Kecamatan Kahayan Kuala dan Paduran Mulia di Kecamatan Sebangau Kuala.

Penandatangan komitmen dan deklarasi Desa Bersinar menjadi salah satu rangkaian puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional.


Baca juga: Calon haji asal Pulang Pisau berkurang satu orang

Baca juga: Kajari Pulang Pisau ingatkan peran generasi muda cegah intoleransi dan radikalisme

Baca juga: Puskesmas Pulang Pisau masih persiapkan pelayanan USG