Bupati berharap Sukamara jadi sentra udang vaname di Kalteng

id Bupati berharap Sukamara jadi sentra udang vaname di Kalteng, kalteng, sukamara, windu Subagio

Bupati berharap Sukamara jadi sentra udang vaname di Kalteng

Bupati Sukamara Kalimantan Tengah Windu Subagio didampingi Wabup Sukamara Ahmadi dan Sekda Sukamara saat mengikuti seminar nasional di Aula Kantor Bupati, Selasa (11/7/2023). ANTARA/HO-Pemkab Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara Windu Subagio berharap daerah yang dipimpinnya dapat menjadi kota sentra udang vaname di Provinsi Kalimantan Tengah dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor tersebut.

“Kita telah membuktikan dengan keberhasilan dalam membudidaya udang vaname di wilayah ini. Hal ini tentunya sejalan dengan program strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dengan Pemerintah Sukamara dalam rangka peningkatan ketahanan pangan melalui food estate produk protein yang tentunya dengan memperhatikan kualitas lingkungan,” ucapnya saat mengikuti seminar nasional di aula kantor bupati, Selasa.

Menurutnya, dengan potensi yang telah diidentifikasi dan ditetapkannya pencadangan wilayah budi daya perikanan darat, khususnya udang vaname sebesar 4.172 hektare. Kabupaten Sukamara bersiap menjadi salah satu sentra udang vaname di Kalteng dan di Indonesia.

“Kita semua berharap agar usaha di sektor perikanan ini juga dapat sustainable dan berkelanjutan. Karena wilayah ini juga beririsan dengan ekosistem mangrove sebagai bentang alam penyerap emisi karbon,” ungkap Windu.

Ia menjelaskan, Program Provinsi Kalteng dan Pemerintah Kabupaten Sukamara memiliki peran penting dan strategis dalam peningkatan ketahanan pangan melalui Food Estate produk protein (shrimp estate). Untuk itu diminta dukungan semua pihak dalam kesuksesan hal tersebut.

"Saya minta seluruh perangkat daerah dan stake holder terkait untuk terus meningkatkan komitmen dalam memberikan dukungan," ujar Windu Subagio. 

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemprov bantu tingkatkan prasarana kesehatan di Sukamara

Sekretaris Daerah Sukamara Rendy Lesmana menyampaikan, seminar nasional dalam rangka mengolaborasikan dan untuk menyatukan visi bahwa Kalteng harus mendapat dukungan dari semua pihak, dimana hadir juga para pelaku bisnis usaha, petambak dari dalam dan luar daerah tentunya pemangku kepentingan lainnya.

“Semoga apa yang menjadi keinginan bersama sesuai dengan arahan Gubernur Kalteng dan cita-cita dari pimpinan kita Bupati Sukamara agar wilayah ini menjadi sentra udang vaname,” harap Rendy.

Rendi berharap, dengan adanya program tersebut bisa membuat tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat juga mengalami peningkatan, termasuk ketahanan pangan dan bayak sektor-sektor pendukung yang masuk wilayah setempat.

“Ini sebagai salah satu Langkah baik kita untuk meningkatkan PDRB, PAD sekaligus ekonomi masyarakat juga dapat bertumbuh dengan baik. Selain itu, semoga wilayah kita bisa menjadi salah satu pengekspor udang  vaname di Provinsi Kalteng bahkan di wilayah pulau Kalimantan pada umumnya,” demikian Rendy Lesmana.

Baca juga: Program Shrimp Estate di Sukamara dukung ketahanan pangan

Baca juga: Dishub Sukamara lakukan pemeliharaan rambu lalu lintas

Baca juga: Pemkab Sukamara-UMPR kerja sama peningkatan SDM melalui RPL