DPKP Bartim minta BPP Paku optimalkan pendampingan poktan

id Pemkab bartim, dpkp bartim, dinas pertanian dan ketahanan pangan, pertanian, paku, tamiang layang, bartim, barito timur, tanam perdana, kelompok tani

DPKP Bartim minta BPP Paku optimalkan pendampingan poktan

Sekretaris Camat Paku, Davit Anggen (kelima kanan) didampingi Koordinator BPP Paku Hariani mengikuti proses tanam perdana padi sawah varietas Inpari musim tanam Asep 2023 Kelompok Tani Harapan Maju II  di Desa Tampa, Kecamatan Paku, Senin (17/7/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Lurikto meminta para penyuluh mengoptimalkan kegiatan pendampingan kelompok tani.

Salah satunya, Lurikto di Tamiang Layang, Rabu, meminta Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wilayah Kecamatan Paku mendampingi Kelompok Tani Harapan Maju II yang melaksanakan tanam perdana padi sawah varietas Inpari musim tanam (MT) asep 2023.

“Agar bisa berhasil dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di wilayah Kecamatan Paku,” terangnya.

Dia mengatakan, untuk menyukseskan tanam perdana dari Poktan Harapan Maju II masa tanam asep di Desa Tampa, penyuluh dari BPP Paku diharap sering berkomunikasi dengan para petani terkait kendala yang dihadapi.

Ketua Kelompok Tani Harapan Maju II, Bayani menyampaikan, pihaknya telah menargetkan luasan tanaman pada masa tanam asep 2023 lebih kurang 20 hektare.

Hal ini menunjukkan komitmen dan semangat tinggi dari kelompok tani dalam mengembangkan sektor pertanian di wilayah mereka.

Baca juga: Sejahterakan masyarakat, Pemkab Bartim selalu dukung program koperasi sektor riil

Sementara itu, Sekretaris Camat Paku Paku, Davit Anggen, mengapresiasi semangat dan kerja keras Kelompok Tani Harapan Maju II dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Saya juga berharap melalui upaya kolaboratif antara pemerintah setempat, kelompok tani, dan penyuluh pertanian, sektor pertanian di wilayah Paku terus berkembang dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat,” jelasnya.

Tambahnya, semoga keberhasilan tanam perdana padi sawah varietas Inpari itu dapat menjadi inspirasi bagi kelompok tani lainnya di wilayah Paku, dan memacu pertumbuhan ekonomi sektor pertanian yang berkelanjutan di masa depan.

Dengan sinergi dan kolaborasi yang kuat, potensi lahan pertanian di wilayah ini dapat dimanfaatkan secara optimal, meningkatkan kesejahteraan petani, serta berkontribusi positif terhadap ketahanan pangan nasional.


Baca juga: Sekda Bartim tegaskan TPP ASN tahun 2023 segera dibayar

Baca juga: Bupati Bartim resmikan Gereja Katolik Paroki Santo Mikael Tamiang Layang

Baca juga: Jamaah haji Barito Timur disambut suasana haru