Pembangunan dua puskesmas di Bartim untuk pemerataan pelayanan kesehatan

id Pembangunan dua puskesmas di Bartim untuk pemerataan pelayanan kesehatan, kalteng, bartim, Barito timur

Pembangunan dua puskesmas di Bartim untuk pemerataan pelayanan kesehatan

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas meletakkan batu pertama pembangunan Puskesmas Tamiang Layang di Tamiang Layang, Jumat (4/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah membangun dua puskesmas sekaligus pada 2023 ini untuk menjamin ketersediaan dan pemerataan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Puskesmas Tamiang Layang yang berlokasi di Kelurahan Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, serta Puskesmas Ampah di Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, Puskesmas Tamiang Layang dibangun di Jalan Achmad Yani kilometer 5. Itu merupakan  bangunan puskesmas yang disiapkan sebagai tempat relokasi awal Puskesmas Tamiang Layang di Jalan Manunggal RT 7 Tamiang Layang.

Dilakukan relokasi pembangunan Puskesmas Tamiang Layang untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dari segi kapasitas ruang pelayanan maupun modernisasi layanan kesehatan. Demikian juga dengan peningkatan Puskesmas Ampah.  

Dengan menyediakan anggaran Rp9,5 miliar, Pemerintah Kabupaten  Barito Timur memastikan fasilitas medis berkualitas serta infrastruktur yang memadai guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Bartim.

Baca juga: Pemkab libatkan 35 pelaku UMKM pada Expo Bartim 2023

“Dana pembangunan dua puskesmas tersebut bersumber dari APBD 2023. Pembangunan Puskesmas Tamiang Layang sebesar Rp5 miliar dan Puskesmas Ampah 4,5 miliar,” kata Ampera.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur pun terus berkomitmen meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia dengan menyekolahkan dokter.

Nantinya, kata dia, tenaga medis ini akan ditempatkan di puskesmas puskesmas yang menunjang program dokter masuk desa. Ini dilaksanakan dengan harapan kesadaran dan rasa tanggung jawab lebih besar dari dokter selaku putra dan putri daerah terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan bagi masyarakat.

“Proyeksi ke depan, kata Ampera, Puskesmas Tamiang Layang dan Puskesmas Ampah menjadi puskesmas rawat inap. Saya berharap fasilitas ini akan memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat Bartim,” demikian Ampera AY Mebas.

Baca juga: Diskominfosantik Bartim: Penyediaan situs web gratis diharap pacu pertumbuhan KIM

Baca juga: Expo Bartim 2023 siap digelar, berikut waktu pelaksanaannya

Baca juga: BNK Bartim perkuat program pencegahan penyalahgunaan narkoba