Dorong jadi pengusaha, pelajar di Bartim diajarkan cara berbisnis

id SMAN 1 Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, kalteng, bartim

Dorong jadi pengusaha, pelajar di Bartim diajarkan cara berbisnis

Sejumlah pelajar memasang baliho Bazar SMAN 1 Tamiang Layang di di depan sekolah di Tamiang Layang, Senin (14/8/2023). ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Pelajar di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, terkhusus di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tamiang Layang, diajarkan cara membuat dan menjalankan usaha, berbisnis hingga menjadi wirausahawan muda yang handal.

Cara mengajarkan ini salah satunya melalui bazar kuliner yang menjual aneka penganan dan lainnya, kata Istiqomah, di Tamiang Layang, Senin.

"Semua jenis panganan dan lainnya ini merupakan olahan atau dibuat oleh para pelajar. Jadi, kita sediakan tempat untuk pemasarannya," ucapnya.

Dia pun menyakini bahwa Bazar kuliner yang diselenggarakan pada 15 - 16 Agustus 2023 itu, dapat memberikan pengalaman berharga kepada para pelajar dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan berwirausaha. Sebab, pengalaman berbisnis dan menjadi wirausahawan muda diharapkan tertanam dalam diri para pelajar dan bahkan bisa menjadi bekal berharga di masa depan.

Selain itu, menurut dia, juga sebagai upaya merangsang jiwa anak muda untuk tidak malu atau gengsi-gengsian dalam berusaha dan mandiri bekerja.

Pengalaman berbisnis ini memang sengaja ditanamkan di sekolah memberikan contoh pendidikan yang holistik tidak hanya berkutat pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keterampilan bagi para pemimpin masa depan bangsa," kata Istiqomah.

Baca juga: Bupati Bartim segera lantik kepala desa hasil Pilkades Serentak 2023

Selain kuliner, SMAN 1 Tamiang Layang juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba tenis meja, lomba lari karung, lomba memainkan alat musik tradisional, lomba makan pisang dan lomba e-sports mobile legends. Kegiatan itu digelar dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI, Hari Pramuka dan HUT SMAN 1 Tamiang Layang 2023.

"Semoga apa yang kita laksanakan ini bisa menciptakan pemuda dan pemudi yang karakter bisnis dan wirausahawan, serta menciptakan para calon-calon pemimpin bangsa yang handal," demikian Istiqomah.

Baca juga: Wagub Kalteng apresiasi pembangunan di Bartim semakin pesat

Baca juga: Bartim Expo 2023 dukung peningkatan perekonomian daerah

Baca juga: RSUD Tamiang Layang dan Kemenag Bartim kerja sama pelayanan kerohanian pasien