Wagub Kalteng apresiasi pembangunan di Bartim semakin pesat

id Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, Kalimantan Tengah, hut barito timur, barito timur, bartim, kalteng

Wagub Kalteng apresiasi pembangunan di Bartim semakin pesat

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyerahkan nasi tumpeng kepada Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di acara Hari Jadi ke-21 Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang, Kamis (10/8/2023). ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo memuji sekaligus mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Barito Timur, yang terus konsisten dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah setempat.

"Kami melihat pembangunan di Barito Timur semakin pesat kemajuannya, dan semoga masyarakatnya juga semakin sejahtera," kata Edy Pratowo saat Hari Jadi ke-21 Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang, Kamis.

Dia juga menyebut Pemprov Kalteng mengapresiasi yang setinggi-tingginya pengelolaan pemerintahan di Barito Timur dan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali secara berturut-turut, serta peningkatan pembangunan dan dapat memajukan kesejahteraan di Gumi Jari Janang Kalalawah.

Edy mengatakan bahwa berdasarkan data BPS, capaian laju pertumbuhan ekonomi Barito Timur pada tahun 2022 sebesar 6,06 persen, naik cukup signifikan dari angka 2021 yang sebesar 2,8 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2022 juga meningkat menjadi 72,07, lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 yang berada pada angka 71,47.

"Indikator ini menggambarkan  upaya keras Pemerintah Kabupaten Barito Timur mendorong pembangunan," ucapnya.

Dirinya pun menyampaikan pesan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, atas capaian pembangunan tersebut jangan lantas berpuas diri. Namun, tetap dan terus melakukan evaluasi secara berkelanjutan.

Baca juga: Bartim Expo 2023 dukung peningkatan perekonomian daerah

"Perbaiki segala persoalan dan kekurangan serta teruslah berinovasi menggenjot kemajuan pembangunan Barito Timur, kualitas pelayanan publiknya hingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat," kata Edy.

Sementara itu, Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengatakan bahwa di masa dirinya memimpin bersama Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh periode 2018-2023, telah menggenjot pembangunan dari berbagai lini, mulai infrastruktur jalan dan jembatan hingga pendidikan dan kesehatan.

"Pada 2023 ini ada peningkatan sekaligus pembukaan akses empat jalan desa. Kami juga terus melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan, baik itu pendidikan, olahraga dan lainnya," demikian Ampera.

Baca juga: Pembangunan dua puskesmas di Bartim untuk pemerataan pelayanan kesehatan

Baca juga: Pemkab libatkan 35 pelaku UMKM pada Expo Bartim 2023

Baca juga: RSUD Tamiang Layang dan Kemenag Bartim kerja sama pelayanan kerohanian pasien