Bartim Expo 2023 dukung peningkatan perekonomian daerah

id Bartim Expo 2023 dukung peningkatan perekonomian daerah, kalteng, bartim, Barito timur

Bartim Expo 2023 dukung peningkatan perekonomian daerah

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas didampingi Ketua TP PKK Bartim Munita Mustika Dewi (tengah) foto bersama usai membuka Bartim Expo 2023 di Tamiang Layang, Selasa (8/8/2023) sore. ANTARA/HO - Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengatakan, Bartim Expo 2023 dilaksanakan untuk memperingati Hari Jadi ke-21 Kabupaten Barito Timur dan menyambut Dirgahayu ke-78  Republik Indonesia dengan menggelar berbagai hiburan dan pameran UMKM.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung promosi perdagangan sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian daerah, terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," kata Ampera AY Mebas usai membuka Bartim Expo 2023 di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Barito Timur menjadikan ini sebagai agenda tetap dan rutin dilaksanakan untuk bisa dinikmati serta menjadi perputaran perekonomian daerah.

"Pada kesempatan ini juga saya mendorong seluruh masyarakat untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kabupaten Barito Timur, karena kualitasnya tidak kalah dari produk-produk lainnya. Jadi sudah seharusnya produk- produk UMKM bangkit dan menjadi raja di rumah sendiri," kata Ampera.

Dijelaskan Ampera, Pemerintah Kabupaten Barito Timur senantiasa berupaya untuk memberikan ruang-ruang publik bagi pelaku usaha dan UMKM agar dapat terus berdaya saing, dikenal luas masyarakat, dan mudahan mudahan dapat mencapai cita-cita bersama  menjadikan Kabupaten Barito Timur yang Maju dan Sejahtera.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang dan Kemenag Bartim kerja sama pelayanan kerohanian pasien

Pameran pada Bartim Expo 2023 itu diikuti  29 OPD, Pemerintah Pusat empat OPD , empat perbankan, organisasi masyarakat lima unit, UKM binaan 34 unit, lainnya atau komersil sebanyak 88 unit.

"Kebijakan ini diambil sebagai upaya peningkatan perekonomian daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ampera berharap acara Bartim Expo 2023 berjalan kondusif, lancar dan menghibur masyarakat luas. Dua artis yakni Tasya Madina KDI dan Regina KDI didatangkan Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk menghibur masyarakat di acara malam pembukaan Bartim Expo 2023.

Ratusan masyarakat berdatangan dari berbagai pelosok desa dan kecamatan. Masyarakat pun tumpah ruah ikut memeriahkan Bartim Expo 2023 dan ikut berjoget ria mendengarkan suara Tasya Madina KDI dan Regina KDI.

Baca juga: Pembangunan dua puskesmas di Bartim untuk pemerataan pelayanan kesehatan

Baca juga: Pemkab libatkan 35 pelaku UMKM pada Expo Bartim 2023

Baca juga: Diskominfosantik Bartim: Penyediaan situs web gratis diharap pacu pertumbuhan KIM