Bupati Katingan minta alumni paskibraka jadi penerus penjaga toleransi

id Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Kalteng, Sakariyas, katingan, kabupaten katingan

Bupati Katingan minta alumni paskibraka jadi penerus penjaga toleransi

Bupati Katingan Sakariyas (kiri) saat pengukuhan Paskibraka di kasongan, kemarin. ANTARA/Naslee.

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sakariyas meminta para alumni Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT ke-78 RI menjadi penerus dan penjaga toleransi di daerah setempat.

"Anggota Paskibraka adalah generasi penerus masa depan bangsa. Saya menggaris bawahi bahwa persatuan, toleransi, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan di antara sesama warga negara, harus kita jaga dan ditingkatkan," kata Sakariyas di Kasongan, kemarin.

Sehingga, lanjut dia, para anggota Paskibraka juga harus bekerja keras sehingga mampu membawa bangsa semakin maju, bermartabat dan sejahtera.

"Persiapkan diri kalian mulai sekarang dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang terkandung dalam ikrar yang adik-adik ucapkan tadi," katanya.

Dia mengingatkan bahwa persatuan, toleransi, kebersamaan, kerukunan dan kekompakan adalah pilar-pilar kebangsaan, kekuatan, dan pilar-pilar kehidupan yang harus selalu kokoh.

Diantaranya, kita harus mandiri dan kerja keras, agar negara tidak selalu tergantung kepada negara lain dan kita dapat dan mampu bersaing baik dari bidang ekonomi, politik, pertahanan keamanan dan bidang-bidang yang lain.

Sebelumnya Paskibraka di Kabupaten Katingan telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan ketat. Aktifitas ini merupakan kewajiban pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetiaan kepada bangsa dan negara.

"ini sekaligus juga sebagai program peningkatan sumber daya manusia terutama untuk pemuda dan pemudi pelajar sesuai dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Katingan terpilih periode 2018-2023 yaitu Katingan Bermartabat," jelasnya.

Menurut Sakariyas, program kegiatan diklat paskibraka tingkat Kabupaten Katingan juga merupakan upaya pemerintah daerah untuk menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Pemkab Katingan fokus tiga program pembangunan

Selain itu juga sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi dan wawasan pemuda untuk menjadi warga negara yang disiplin dan berbudaya dan mampu menjadi pemimpin di masa depan.

Acara pengukuhan paskibraka ini adalah akhir dari kegiatan diklat paskibraka tingkat kabupaten katingan tahun 2023 yang dimulai dari persiapan, seleksi dan penetapan peserta sampai dengan pelatihan.

Baik itu pelatihan baris berbaris/PBB, maupun teori dan pengetahuan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan selama 12 hari berturut-turut mulai tanggal 06-17 Agustus 2023 di Kota kasongan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada tim penyelenggara dan tim pelatih yang telah bekerja keras mempersiapkan dan melaksanakan semua kegiatan," katanya.

Baca juga: Laboratorium DLH Katingan mendapat akreditasi KAN

Baca juga: Tasik Payawan juara umum Festival Budaya Penyang Hinje Simpei Katingan

Baca juga: Pemkab Katingan lestarikan kekayaan budaya melalui Festival Penyang Hinje Simpei